Pendidikan

Ratusan Siswa Ikuti Seleksi Calon Paskibra

Ratusan siswa yang mengikuti seleksi Paskibra tingkat Kota Bima, Rabu.

Kota Bima, Bimakini.- Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga menggelar seleksi calon Paskibraka tingkat Kota Bima tahun 2018 di areal lapangan tenis pasar Raba, Rabu (07/3).

Ratusan peserta dari seluruh SMA/SMK se-Kota Bima memenuhi areal lapangan tenis pasar raba atau kamar bola. Proses seleksi itu dimulai pagi hingga siang hari.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Bima melalui Kasi Pembinaan Kepemudaan Bidang Pemuda dan Olahraga, Wendi Mainormanjah, mengatakan pihaknya menggelar seleksi calon Pasibraka tahun 2018 selama sehari.

“Proses seleksi tersebut melibatkan siswa SMA/SMK negeri maupun swasta di Kota Bima,” terangnya ditemui di lokasi, Rabu.

Dia menjelaskan, ada dua tahapan seleksi, yakni untuk calon Paskibraka akan mengikuti seleksi tingkat Provinsi dan calon Paskibraka Kota Bima menjadi pasukan pengibar bendera pada HUT RI Agustus mendatang.

“Ada perbedaan untuk syarat seleksi calon Paskibraka, untuk Kota Bima tinggi badan calon perempuan 160 centimeter dan putra 165 centimeter. Sedang calon Paskibraka tingkat Provinsi, tinggi badan perempuan 165 centimeter dan pria 170 centimeter,” paparnya.

Wendi mengatakan, jumlah peserta seleksi sebanyak 300 lebih siswa, baik putra maupun putri.

Tim penilai, ada enam juri, terdiri dari dua anggota Kepolisian, dua anggota TNI, dan dua dari Dinas Pariwisata. “Proses seleksi sangat ketat, karena semua calon rata-rata memiliki kemampuan yang sama,” jelasnya.

Untuk penilaian, sambung Wendi, ada beberapa tahapan. Soal tinggi dan berat badan untuk tingkat Kota Bima, minimal putri 160 dan putra 165 centimeter, dan untuk tingkat Provinsi, putri 165 dan putra 170 centimeter.

Selain itu, ada parade. Yang dinilai adalah bentuk tubuh, kaki secara umum. Yang dinyatakan lulus, tinggi badan dan parade masuk tahapan peraturan baris berbaris (PBB).

“Dasar-dasarnya saja yang kita nilai, dan hasil seleksi hari ini (kemarin) juga diumumkan. Tim rekam hasilnya dan langsung diumumkan,” ungkapnya.

Total jumlah yang diambil sebanyak 77 orang. Sebanyak 40 orang, baik putri dan putra disiapkan ikut seleksi Paskibraka tingkat Provinsi pada 27 Maret,  sisanya akan menjadi anggota Paskibraka Kota Bima.

Ketua panitia pelaksana yang juga Kepala Dinas membuka proses seleksi, dan menyampaikan pesan, sekaligus permintaan agar proses seleksi dilakukan sportif.

“Pada peserta, Pak Kadis meminta agar semangat dari awal hingga akhir, karena nanti akan mewakili Kota Bima dan menjadi pasukan pengibar bendera,” pungkasnya. (DED)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 72
    Shares
To Top