Peristiwa

Forum Komunikasi Kelompok Sadar Wisata Kota Bima, Terbentuk

Kota Bima, Bimakini.- Bertempat di Obyek Wisata Pantai Lawata, pimpinan kelompok Sadar Wisata ( Pokdarwis) kelurahan yang ada di Kota Bima, mengikuti Fokus Discusion Group yang helat oleh Dinas Pariwisata Kota Bima. Dalam FDG tersebut, seluruh pimpinan Pokdarwis kelurahan diajak untuk berbicara bagaimana mengembangkan potensi wisata yang ada ditiap kelurahan.

Hadir Kasi Pengelola dan Pemeliharaan ODTW Dinas Pariwisata, Zulkarnain, SPd, MM.Par, juga Arafik, ST, Kabid Koperasi dan UKM Diskoperindag Kota Bima.

Arafik menyampaikan, pengembangan UKM sangat erat kaitannya dengan pengembangan pariwisata.

“Jika pariwisata disuatu daerah berkembang, maka secara otomatis UKM dan ekonomi kreatif yang ada didaerah tersebut juga akan ikut berkembang”, ungkapnya.

Guna mempercepat gerak laju pengembangan pariwisata di Kota Bima, usai FDG, pimpinan Pokdarwis kelurahan langsung menggelar pembentukan pengurus Forum Komunikasi Kelompok Sadar Wisata (FK Pokdarwis) Kota Bima.

Pada pemilihan yang berlangsung demokratis itu, Ihsan Iskandar, terpilih menjadi ketua FK Pokdarwis Kota Bima.

“Dalam waktu singkat kami akan rampungkan kepengurusan dulu, kemudian kita susun program program strategis yang mendesak, jangka pendek, menengah dan jangka panjang,” ucap Ihsan.

Ada 10 Kelompok Sadar Wisata yang sudah terbentuk ditiap kelurahan yang ada di Kota Bima. 10 Pokdarwis itu berada dikelurahan yang memiliki obyek pariwisata, baik wisata alam, wisata sejarah maupun wisata budaya.

Sepuluh Pokdarwis itu adalah Pokdarwis So Nara Kelurahan Kolo, Pokdarwis Oi Mori Kelurahan Ntobo, Pokdarwis Cahaya Melayu Kelurahan Melayu, Pokdarwis Pundu Nence Kelurahan Lelamase, Pokdarwis Tolkab Kelurahan Nungga, Pokdarwis Danatraha Kelurahan Dara, Cahaya Pena Kelurahan Penanae, Pokdarwis Rade Wura Kelurahan Jatiwangi, Pokdarwis Harapan Kumbe Kelurahan Kumbe, Pokdarwis Lanco Gajah Kelurahan Jatibaru. (DED)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 16
    Shares
To Top