Connect with us

Ketik yang Anda cari

NTB

Tinjau Embung Elang Desa, Gubenur Gunakan Motor Trail

Sumbawa Barat, Bimakini.- Gubernur NTB, Dr. H. Zukieflimansyah, harus menggunakan sepeda motor trail untuk menjangkau lokasi Embung Elang Emas, di Kecamatan Jereweh, Kabupaten Sumbawa Barat, Jumat (8/9/2019).

Kondisi medan yang berat, disebabkan hujan sehingga tidak memungkinkan kendaraan roda empat untuk menjangkau lokasi tersebut.

Tujuan Gubernur meninjau embung tersebut, untuk memastikan kondisi embung yang telah mengalami pendangkalan, dikarenakan sedimentasi yang cukup tinggi.

Setelah melewati medan cukup berat, Gubernur yang didampingi sejumlah kepala OPD tiba di lokasi dan menyaksikan langsung kondisi Embung.

Dari hasil pemantauan, Gubernur langsung memerintahkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi NTB untuk segera melakukan pengerukan Embung Elang Desa yang telah mengalami pendangkalan akibat tingginya sedimentasi.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Inti masalah adalah, terjadi sedimentasi di bendungan Lang, Desa Jereweh, KSB yang mengairi 4 desa dan lahan seluas 860 hektar. Akibatnya, terjadi penurunan debit air yang menyebabkan produksi pertanian menurun hingga gagal panen di beberapa tempat.

Usai kunjungan Gubernur, harapan masyarakat di Kecamatan Jereweh, agar pemerintah segera melakukan perbaikan jaringan yang telah tertanam oleh sedimen sepanjang 1,5 km. Pemerintah segera melakukan perbaikan jalan inspeksi, lajur kiri dan kanan bendungan sepanjang 7 km. Menutup rongga bendungan yang tercipta akibat sedimentasi. Dan permintaan mesin pompa air, oleh petani yang memiliki lahan di bagian atas embung, karena mereka tidak mendapatkan air.

Sebelum meninjau bendungan tersebut, Gubernur berkesempatan bersilaturrahim dengan masyarakat Kelurahan Bugis, Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat, di Masjid Jami’ Al-Ikhlas Kelurahan. Gubernur pendiri Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) itu menjelaskan bahwa lengkapnya fasilitas sebuah bangunan bukan menjadi jaminan untuk hidup bahagia. Kadang dengan fasilitas apa adanya, seseorang bisa hidup bahagia, aman dan nyaman.  “Masjid yang bagus adalah masjid yang bisa bikin orang betah di dalamnya,” jelasnya.

Karena itu, yang terpenting ketika membangun fasilitas ibadah superti Masjid adalah kenyamanan saat melaksanakan ibadah. (PUR)

Iklan. Geser untuk terus membaca.

 

Bagikan berita

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

NTB

Kota Bima, Bimakini.- Gubernur NTB, Dr H Zulkieflimansyah  menyebut dari seluruh Kabupaten/Kota, di Bima lah yang paling banyak balihonya. “Saat masuk ke Kota Bima,...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Gubernur NTB melakukan roadshow dan talkshow dengan lembaga pemerintah Kabupaten Dompu, lembaga keuangan dan lembaga mitra dengan tema sinergitas pengembangan SDM...

Peristiwa

Dompu, Bimakini. – Kehadiran Gubernur NTB yang melakukan roadshow dan talkshow dengan lembaga pemerintah Kabupaten Dompu, lembaga keuangan dan lembaga mitra dengan tema sinergitas...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Pemerintah Kabupaten Dompu telah berhasil menerapkan dan mendeklarasikan 3 (tiga) Pilar STBM. Ketiga pilar itu diantaranya, tidak buang air besar (BAB)...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Dinilai berhasil menerapkan dan mendeklarasikan 3 (tiga) Pilar STBM, yakni Pilar tidak buang air besar (BAB) sembarangan (Stop BABS), mencuci tangan...