Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Ini Capaian Kinerja Pemkot Bima Tahun 2019

H Muhammad Lutfi, SE

Kota Bima, Bimakini.- Wali Kota Bima, H Muhammad Lutfi, SE, membeberkan sejumlah capaian kinerja pemerintah selama tahun 2019. Hal itu disampaikannya saat acara menyongsong tahun baru 2020 di kediamannya, Selasa (31/12).

Diantaranya, bidang keuangan, Pemerintah Kota Bima terus berupaya memperbaiki tata kelola keuangan. Pada tahun 2019 kembali mendapatkan Predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK. Ini menjadi tahun kelima Kota Bima mendapatkannya.

Kota Bima juga meraih penghargaan dari Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati atas keberhasilan menyusun dan menyajikan laporan keuangan tahun anggaran 2019.

Kemudian di bidang Pariwisata,  Kota Bima telah berhasil menyulap Pantai Lawata menjadi salah satu icon Wisata dan menjadi idola bagi para pengunjung. Di area Lawata menyediakan berbagai fasilitas-fasilitas penunjang lainnya seperti JetSky, Banana Boat dan fasilitas lain.

“Ada Lawata Story dan Religi, Meeting Room, Selfi Spot dan Swimming Pool,” ujarnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Selain pantai Lawata, Pemerintah Kota Bima akan memoles kawasan pantai Kolo agar menjadi indah. Tahun 2020 akan dialokasikan anggaran untuk penataan, sehingga Kota Bima bisa menjadi Kota Transit Wisata.

Di bidang pemerintahan, diawal tahun Pemerintah Kota Bima menaikkan Insentif RT dan RW dari Rp 250.000 naik menjadi Rp 500.000 per orang. Selain itu, Pemerintah Kota Bima menganggarkan Rp 5 Miliar untuk Pembanguan Masjid Kantor Walikota Bima yang nantinya akan diberi nama “Masjid Nur A Latif”.

Masjid ini papar Walikota, nantinya akan terhubung dengan Kantor Wali Kota Bima melalui dua jembatan penghubung  sebelah barat dan timur. Harapannya  dapat menghidupkan rasa keagamaan di lingkup Setda Kota Bima.

“Yang dirasakan selama ini tidak memiliki masjid dan melekatkan keimanan kita.  Masyarakat sekitar pula bisa menggunakan masjid ini sehingga ada interaksi dan kebersamaan yang terjalin, ” jelasnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Untuk bidang Pendidikan dan Kebudayaan, Walikota mengungkap keberhasilannya yang mendapatkan penghargaan dari Ikatan Guru Indonesia (IGI) atas Jasa dan Kepedulian yang Tinggi pada Peningkatan Kompetensi Guru di Kota Bima.

Sementara itu, di bidang Budaya Kota Bima berhasil Mendapatkan Rekor MURI Dunia. Pada Festival Rimpu, keikutsertaan masyarakat mencapai hingga 20.165 ribu peserta untuk penggunaan Busana Rimpu terbanyak di Dunia.

“Budaya rimpu, sebagai salah satu icon budaya andalan Bima, menjadi kebanggaan dan menjadi bukti bahwa Budaya Rimpu Bima menjadi salah satu icon budaya Indonesia yang harus tetap dijaga dan dilestarikan, bukan oleh orang lain tapi oleh kita semua, seluruh masyarakat Bima,” katanya.

Walikota juga menyebutkan kesuksesan dibidang kesehatan, yang mana mendapatkan predikat UHC dari BPJS Kesehatan atas capaian kepesertaan masyarakat terhadap Program JKN KIS.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Selain itu, beberapa Fasilitas Kesehatan yang ada di Kota Bima berhasil mendapatkan  Predikat Akreditasi. Seperti Puskesmas Mpunda, yang mendapatkan Predikat Puskesmas Terakreditasi Utama dari Komisi Akreditasi FKTP (KA FKTP) Pusat.

Puskesmas Kumbe, mendapatkan Predikat Puskesmas Terakreditasi Madya dari Komisi Akreditasi FKTP Pusat. RSUD KOTA BIMA, Berhasil mendapatkan predikat Rumah Sakit yang Terakreditasi Perdana Bintang Dua dari Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS) Pusat dan puskesmas Penanae juga berhasil meraih penghargaan dari Gubernur NTB atas Komitmen dalam implementasi Keterbukaan Informasi Publik.

Di Bidang Keagamaan, tahun 2019 Kota Bima berhasil meraih juara Umum MTQ ke XXVIII Tingkat Provinsi NTB. “Ini prestasi yang sangat luar biasa dan membanggakan seluruh masyarakat Kota Bima ,” ungkapnya.

Prestasi ini diharapkan dapat dijadikan dorongan untuk lebih mempersiapkan dan mematangkan diri dalam mewakili NTB pada MTQ tingkat nasional.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Walikota juga mengungkap keberhasilan PKK dan GOW Kota Bima, dalam mendukung berbagai kegiatan suami. Diketahui, Ketua TP PKK Kota Bima Hj Ellya HM Lutfi, SE dan Ketua GOW Kota Bima melaksanakan berbagai kegiatan melalui Organisasi Wanita yang dipimpinnya. Kontribusi baik secara langsung maupun tidak langsung, yang memberi dampak signifikan terhadap masyarakat.

“Tentu semua kegiatan, kinerja dan keberhasilan itu semua berkat dukungan banyak pihak. Kami terus berharap, dukungan positif itu terus datang dari masyarakat, ” tutupnya. (DED)

Bagikan berita

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Wali Kota Bima H. Muhammad Lutfi, SE bertindak selaku inspektur Upacara pada Peringatan Hari Ulang Tahun Perhubungan Nasional Tingkat Kota dan...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Wali Kota Bima, H Muhammad Luthfi, SE memanfaatkan momentum apel gabungan Pemkot Bima untuk mengutarakan persoalan yang dihadapinya, Senin 4 September...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Wali Kota Bima H. Muhammad Lutfi, SE akan membuat kebun percontohan di  lahan seluas 1,2 hektar dii Kelurahan Ntobo. Lahan itu...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Di penghujung Maret 2022, menuju Usia ke-20 Tahun, Pemerintah Kota Bima kembali menorehkan prestasi yang luar biasa, yakni mendapatkan penghargaan Digital...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.-  Kota Bima berhasil mendapatkan Predikat Kepatuhan Standar pelayanan Publik dan masuk 3 teratas Nasional yang berada di zona hijau dengan perolehan...