Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Soal Polri, Narasi Berita Media harus Cerdas dan Akurat

Kabid Humas Polda NTB saat silaturrahmi di Kantor PWI Bima.

Bima, BimaKini.- Ada yang menarik dari silaturrahim yang dilakukan Kabid Humas Polda NTB, Kombes Pol Artanto dengan sejumlah wartawan di Kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Perwakilan Bima, Senin (6/12). Kehadiran beliau yang didampingi Waka KomPol, Mujahidin. Selain beliau ingin bertemu dengan wartawan di Kota dan Kabupaten Bima, tetapi tersua juga pesan kemintraan agar pilihan narasi berita yang ditulis pewarta mengenai Polri harus cerdas dan akurat dan tidak terkesan negative semata.

Apalagi saat ini, berita yang beredar bukan hanya dibaca oleh warga di daerah tertentu, tetapi dikonsumsi secara meluas bahkan mendunia. Intitusi Polri sangat besar di negeri ini dengan jumlah personel sekitar 400 ribu lebih. Ibarat dalam satu keluarga ada saja anak yang nakal, tetapi ada banyak juga yang baik.

“Tentu yang nakal kita tetap melakukan pembinaan dan memberikan hukuman, tetapi yang baik itu lebih banyak,” ujarnya saat menyapaikan pesan penting dalam silaturrahmi dengan wartawan di Kantor PWI Bima, Senin.

Dia berharap hubungan kemitraan yang terjalin baik selama ini perlu terus dipertahankan. Polri dan media ibarat dua sisi mata uang dan tidak bisa dipisahkan satu dengan lainnya. Keduanya saling membutuhkan. Polri butuh publikasi kegiatan, sedangkan media dan wartawan membutuhkan sumber informasi yang akurat.

“Banyak kegiatan Polri, tapi tidak ada media yang mempublikasikan. Ini sama saja bohong. Maknanya, teori simbiosis mutualisme Polri dan Media saling butuh dan saling menguntungkan,” katanya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Informasi terakhir, kata Artanto, di Provinsi NTB sedang dilanda banjir, seperti di Gunung Sari Kota Mataram terjadi banjir besar. Demikian juga dengan Kota Bima, Kabupaten Bima. Kondisi seperti ini perlu ada kebersamaan. Polri harus hadir membantu warga korban banjir atau bencana alam lainnya, demikian juga dengan media memberitakan peristiwa itu.

Hal senada dikemukakan Ketua PWI Bima, Indra Gunawan. Kehadiran Kabid Humas Polda NTB, Kombes Pol Artanto di Rumah Wartawan merupakan suatu kehormatan bagi wartawan di Bima. Tentu silaturrahim seperti ini diperlukan untuk tujuan agar hubungan terjalin lebih baik lagi.

“Alhamdulillah ini luar biasa dan merupakan suatu kehormatan bagi wartawan di Bima,” katanya saat menyambut kehadiran Kabid Humas di Kantor PWI Perwakilan Bima, Senin.

Gunawan mengaku jumlah pengurus PWI Perwakilan Bima sekitar 20 orang, sementara jumlah media di Bima sebanyak 130 media, belum termasuk yang belum tercatat pada Dinas Kominfotik. Selama ini hubungan kemitraan Polri dengan media terjalin baik dan tak ada hambatan. “Selama ini pak Kabid, kami juga sangat terbantu dengan kinerja Humas di Polres yang ada di Bima,” pungkasnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Sesi terakhir dari silaturrahmi adalah Tanya jawab dan juga berpose bersama.(Nas)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Dit Binmas Polda NTB menggelar kegiatan sosialisasi dengan tema “Bahaya Faham Intoleransi, Radikalisme, Terorisme, dan Faham Anti Pancasila.” Acara ini diadakan...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- “Perlu kesadaran dan tanggung jawab bersama untuk tetap menjaga situasi harmonis dan damai,” ungkap Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) NTB Irjen. Pol. Drs. Djoko...

Peristiwa

Bima, Bimakini.-Kepala Kepolisian Resor Bima Kabupaten, AKBP Heru Sasongko SIK, menghadiri sosialisasi anggaran Dipa tahun 2023 untuk tata kelola kerja Polres Bima Kabupaten. Kapolres...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.-Kepala Kepolisian Resor Bima Polda NTB, AKBP Heru Sasongko SIK, memimpin rapat evaluasi untuk menganalisa asistensi penguatan Bhabinkamtibmas di jajaran Polres Bima. Kegiatan...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.-Kepolisian Resor Bima, kini memindahkan sebanyak 10 orang anggota massa aksi dari Aliansi Mahasiswa dan Masyarakat Monta Selatan Menggugat atau AMANAT, ke Mapolda...