Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Tata Kelola Pemerintahan Dompu Dinilai Bobrok, Bupati Diminta Ambil Langkah Strategis

Sekum KAHMI Kabupaten Dompu, Suherman.

Dompu, Bimakini. – Tata kelola Pemerintahan Daerah Kabupaten Dompu dinilai bobrok. Penilaian itu disampaikan Sekretaris Umum (Sekum) Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Kabupaten Dompu, Suherman., kepada media ini, Jum’at (01/04/2022).

Kata dia, kebobrakan tata kelola pemerintahan tersebut dapat dilihat dari dua hal. Pertama, adanya hasil Monitoring Centre for Preventing (MCP) yang diselenggarakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Dimana, hasil MCP sebagaimana yang disampaikan oleh KPK menyebutkan bahwa, Kabupaten Dompu berada pada urutan ke 9 (sembilan) di NTB dengan skor 72.55 persen. Turun dari tahun sebelumnya dari peringkat ke 7 (tujuh) dengan skor 77 persen.

Menurutnya, Monitoring Centre for Prevention (MCP) merupakan tolok ukur yang dibuat KPK untuk mencegah terjadinya tindak pidana korupsi melalui perbaikan sistem, regulasi, serta implementasi sistem pengelolaan yang lebih transparan agar tercipta tata kelola pemerintahan yang baik di 8 area.

“Diantaranya itu area perencanaan dan penganggaran, pengadaan barang dan jasa, perizinan, pengawasan APIP, manajemen ASN, optimalisasi pajak daerah, manajemen aset daerah dan tata kelola keuangan desa,” jelasnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Kemudian yang kedua, ialah Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) atau yang lebih dikenal E-Government adalah penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada Pengguna SPBE.

Dari data hasil evaluasi SPBE yang dikeluarkan Kementrian PAN dan RB tahun 2021 menyebutkan bahwa, indeks SPBE Dompu meraih skor 1.00 dengan predikat kurang.

Sejatinya, instrumen MCP dan SPBE tersebut sesungguhnya tujuannya adalah mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya.

“Namun sayangnya dari kedua data diatas, memberikan gambaran atau menunjukan kepada kita bahwa tata kelola pemerintah Daerah Kabupaten Dompu masih rendah, buruk atau bobrok,” tudingnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Padahal menurut dia, mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih adalah misi pertama dan utama pemerintahan Bupati AKJ – SYAH saat ini.

Untuk itu, dia meminta Bupati Kabupaten Dompu agar data – data tersebut dapat dijadikan rujukan untuk menyusun langkah – langkah strategis dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih.

“Terus lakukan evaluasi secara berkala terhadap kinerja para OPD. Berikan mereka target kinerja, OPD yang sukses berikan reward. Yang gagal, berikan punishment,” sarannya.

Kepada lembaga DPRD Kabupaten Dompu, dia juga meminta untuk tidak jadi macam “ompong”. Sebab, bersama Kepala Daerah, DPRD adalah unsur pemerintah daerah. Harusnya melalui fungsi pengawasannya mampu bersinergi dan berkolaborasi untuk mendorong eksekutif dalam meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Dengan fungsi pengawasannya, DPRD harus mampu mendorong eksekutif untuk meningkatkan tata kelola pemerintahan yang lebih baik,” kritik Suherman yang juga Peminat Urusan Sosial Politik ini. AZW

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Dompu, Bimakini. – Bupati Dompu, H Kader Jaelani (AKJ) kembali dituntut agar dapat menstabilkan harga jagung petani. Selain itu, Bupati AKJ juga dituntut agar...

Peristiwa

Dompu, Bimakini. – Sejumlah ibu-ibu dan mahasiswa di Kecamatan Manggelewa, Kabupaten Dompu yang tergabung dalam Aliansi Tani Menggugat menggelar aksi blokade jalan negara di...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Bupati Kabupaten Dompu didesak agar segera menerbitkan Surat Keputusan (SK) tentang pengangkatan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK) terhadap 32 orang...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Bupati Kabupaten Dompu, H. Kader Jaelani (AKJ) resmi melantik eks Ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Dompu Firman, S.Pd., sebagai Kepala...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Upacara memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke 65 Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) tahun 2023 tingkat Kabupaten Dompu yang dilaksanakan di...