Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Warga Keluhkan Pembuatan SIM di Polres Bima, Tiga Pekan Belum Jadi

Kasat Lantas, IPTU. Niko Herdianto

Bima, Bimakini.- Warga Kecamatan Bolo mengeluhkan proses pembuatan Surat Ijin Mengemudi (SIM) di Polres Bima. Pasalnya, sudah tiga pekan warga datang ke Polres untuk bikin SIM C, tapi tidak kunjung selesai.

Setiap kali datang ke Polres, pihak berwenang beralibi bahwa mesin cetak rusak, tidak ada blanko dan lain – lain. “Sudah tiga pekan bikin SIM C di Polres Kabupaten Bima, tapi tak kunjung selesai. Polisi beralasan mesin cetak rusak dan lainnya,” ujar Zubaidin asal Desa Tambe, Selasa (12/4).

Kata Zubaidin, saat datang ke Polres dua pekan lalu, mereka menyampaikan mesin cetak masih di Surabaya. Tiga pekan setelah itu mereka menyampaikan bahwa mesin cetak rusak dan sekarang alasan blanko habis.

“Kami butuh kepastian, karena SIM itu sangat diperlukan untuk perjalanan saat berkendara,” tuturnya.

Sambung Zubaidin, molornya proses pembuatan SIM dikuatirkan ada indikasi lain, bahkan diduga kuat ada kepentingan calo sehingga berimbas pada pelayanan publik.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Kami meminta kepada Kapolres Kabupaten Bima segera mengambil langkah konkrit, sehingga pelayanan pembuatan SIM lancar seperti biasanya,” pinta Zubaidin.

Warga lainnya, Gusman menyesalkan keterlambatan proses pembuatan SIM di Polres Kabupaten Bima. Ia menyampaikan, untuk pembuatan SIM sudah mengeluarkan biaya Rp. 400 ribu, antara lain untuk cek kesehatan, datfar di loket dan lainnya.

“Sudah dua pekan urus SIM C di Polres Kabupaten Bima, tapi tak kunjung selesai,” keluh Gusman.

Dia meminta, proses pembuatan SIM secepatnya selesai karena saat berkendara wajib membawa SIM, jika tidak akan ditilang oleh Polantas saat razia. “Perjalanan harus ditunda karena tidak ada SIM, karena takut ditilang Polantas,” ucapnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Senada dengan yang lain, Edi, keluhkan keterlambatan pelayanan pembuatan SIM di Polres Kabupaten Bima, saat datang ke Polres untuk menanyakan apakah SIM sudah jadi, kita harus pulang dengan tangan hampa.

“Kita kecewa pelayanan pembuatan SIM di Polres Kabupaten Bima tidak prima, padahal SIM itu sangat dibutuhkan,” kisah Edi.

Ditambahkannya, cara melayani masyarakat seperti ini sangat disayangkan karena tidak sesuai motto polisi. “Katanya melayani dengan prima, ko’ seperti ini,” tutupnya.

Kapolres Bima melalui Kasat Lantas, IPTU. Niko Herdianto membenarkan sejak tiga pekan lalu mesin pembuatan SIM rusak. Dan untuk perbaikannya harus dibawa ke Jakarta.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Mesin cetak SIM memang rusak sejak tiga pekan lalu dan harus dibawa ke Jakarta,” kata Kasat Lantas.

Alhamdulillah hari ini, sambung Niko, mesin tersebut sudah bisa digunakan kembali seperti sedia kala.

“Silahkan masyarakat datang ke Polres untuk membuat atau mengambil SIM, karena mesin sudah dapat digunakan lagi,” pungkasnya. KAR

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Bima, Bimakini.-Wakil Kepala Polres Bima Polda NTB, Kompol Abdurrahman S.sos, Senin 28 November 2022 pagi memeriksa seluruh Anggota Polres Bima. Pemeriksaan ini untuk meningkatkan...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Kepolisian Resor Bima Polda NTB AKBP Heru Sasongko SIK, memimpin upacara serah terima jabatan Waka Polres Bima di lapangan Mapolres Bima, Sabtu...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Kepala Kepolisian Resor Bima Polda NTB, AKBP Heru Sasongko, S.I.K., yang didampingi Kabag Ops, Kompol Herman, SH, dan Kabag SDM, AKP Arief...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Ada-ada saja kelakuan para pengendara yang terpantau saat digelar Operasi Zebra Rinjani 2022 oleh Polres Bima dan stakeholdernya. Seperti yang terjadi Jum’at...

Peristiwa

Bima, Bimakini.-Polres Bima melalui bagian Sumber Daya Manusia, memperingati Maulid Nabi Muhamad SAW 1444 H/2022 Masehi di Masjid At-taubah Lingkup Mapolres Bima, Kamis (14/10/22)....