Connect with us

Ketik yang Anda cari

NTB

Sah! NTB Resmi Jadi Tuan Rumah PON XXII Tahun 2028

H. Mori Hanafi (kiri) bersama Gubernur NTB di Jakarta.

Jakarta, Bimakini.- Provinsi NTB dan NTT telah sah dan resmi menjadi tuan rumah penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXII Tahun 2028. Hal itu diputuskan pada Musyawarah Olahraga Nasional Luar Biasa (Musornaslub) KONI Pusat yang berlangsung di hotel Sultan, Jakarta, Selasa (13/9/2022).

Menjadi calon tunggal, NTB dan NTT disebut telah memenuhi persyaratan menjadi tuan rumah PON, setelah melalui verifikasi Tim TPP KONI Pusat dari segi kesiapan venue-venue, akomodasi, konektivitas dan juga fasilitas pendukung seperti rumah sakit dan lainnya.

Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, mengatakan semua pihak sudah sama-sama menyaksikan kesuksesan PON di Papua dan 2024 nanti akan ada PON di barat, yaitu Aceh.

“Mungkin itu juga pertimbangannya, karena NTB dan NTT itu kan di tengah. Sehingga kita benar-benar merefleksikan persatuan dan kesatuan Republik Indonesia. Seperti pesan dari pak Ketua KONI Pusat bahwa olahraga lah yang akan mempersatukan kita”, ujar Gubernur yang hadir di Jakarta saat penetapan menjadi tuan rumah itu.

Tentang persiapan infrastruktur olahraga di NTB menjelang PON XXII tahun 2028, Gubernur menyatakan waktu enam tahun cukup untuk menyelesaikan kekurangan-kekurangan di beberapa venue.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Yang sudah ada akan direnovasi, tinggal beberapa cabang yang akan kami gesa untuk dibangun, seperti lapangan tenis”, tambah Gubernur.

Gubernur juga memastikan seluruh kegiatan PON XXII tidak hanya akan terpusat di Mataram. Dengan mengusung semangat pemerataan dan partisipasi, maka beberapa pertandingan PON XXII nanti akan digelar di 10 kabupaten/kota NTB.

Gubernur optimis Provinsi NTB bisa menyiapkan semua infrastruktur untuk penyelenggaraan PON XXII/2028. “Dengan waktu enam tahun, akan mampu kita kejar,” katanya.

KONI Pusat sendiri menyampaikan terima kasih atas kesungguhan dan keinginan NTB – NTT menjadi tuan rumah PON XXII, yang ditunjukkan NTB dan NTT dari sejak Musornaslub.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Terima kasih atas kesungguhan Gubernur NTB dan Gubernur NTT sehingga proses pemilihan ini bisa berjalan dengan baik”, ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum KONI NTB, H. Mori Hanafi, mengatakan dirinya secara pribadi dan pihak yang terlibat langsung dalam memperjuangkan NTB – NTT sebagai tuan rumah PON XXII merasa sangat bersyukur. Pasalnya, penetapan secara resmi sebagai tuan rumah bersama PON 2028 berlangsung lancar tanpa hambatan apapun.

“Alhamdulillah, kami sangat bersyukur proses penetapan kita sebagai tuan rumah PON 2028 berjalan mulus. Karena seluruh KONI Provinsi se Indonesia mendukung penuh tanpa ada interupsi atau sanggahan apapun pada saat Rekernas dan Musornaslub KONI Pusat,” katanya.

Mori juga menyampaikan, waktu enam tahun menjelang terselenggarannya multi event olahraga nasional terbesar di NTB – NTT disebutnya tidak lama. Sehingga sejumlah persiapan untuk memaksimalkan segala yang dibutuhkan sudah dipetakan. Termasuk soal venue yang ada di NTB dan NTT. Sejauh ini tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Selanjutnya untuk masyarakat NTB dan NTT, Mori meminta dan berharap agar seluruh elemen masyarakat ikut terlibat mensukseskan serta memeriahkan PON Nusa Tenggara XXII/2028. Karena tanpa dukungan masyarakat, tentu tidak akan berjalan lancar seperti yang diharapkan.

“Kita harus bisa buktikan bahwa NTB dan NTT adalah tuan rumah yang baik. Tekad ini harus kita wujudkan bersama. Makanya kita harapkan masyarakat juga ikut terlibat,” lanjutnya. PUR

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Politik

Mataram, Bimakini.- Beredarnya photo PJ Walikota Bima H Muhammad Rum dengan Ketua Demokrat Kota Bima, Ryan Permana Putra tidak membuat H Arahman Abidin risau....

Politik

Kota Bima, Bimakini.- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bima menyosialisasikan Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bima. Apalagi tahapan...

Politik

Mataram, Bimakini.- Dua nama perempuan muncul di pusaran Pilkada NTB 2024 saat ini. Satu dari Pulau Lombok dan satu dari Pulau Sumbawa. Keduanya adalah...

Politik

Kota Bima, Bimakini.- Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golongan Karya (Golkar) Kota Bima saat ini belum membuka pendaftaran Bakal Calon Wali Kota dan Wakil...

Politik

Mataram, Bimakini.- Belakangan beredar di media sosial photo berpasangan H Muhammad Rum dan Ryan Kusuma Permadi. Photo ini memunculkan spekulasi bahwa keduanya akan berpasangan...