Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Sederet Kemajuan dan Keberhasilan Warnai Perayaan HUT Dompu ke – 208 Tahun 2023

Dompu, Bimakini, – Pada momentum Hari Jadi Kabupaten Dompu ke – 208 tahun 2023, Bupati Kabupaten Dompu, H Kader Jaelani kembali membeberkan sejumlah keberhasilan dan pembangunan daerah Nggahi Rawi Pahu hingga di tahun 2023 ini.

“Pada usia Kabupaten Dompu yang ke – 208 tahun ini, kita dapat merayakannya dengan berbagai kemajuan dan keberhasilan yang telah mampu kita raih, tetapi tidak sedikit hal-hal yang masih membutuhkan perhatian dan perjuangan keras kita,” kata Bupati Dompu, H Kader Jaelani saat Upacara Peringatan Hari Jadi Dompu ke – 208 tahun 2023.

Dijelaskanya, deretan keberhasilan pembangunan tersebut diantaranya, pada tahun 2021 tercatat pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Dompu mengalami pertumbuhan sebesar 1,68 porsen, kemudian di tahun 2022 tumbuh lebih besar di angka 2,95 porsen.

Indeks pembangunan manusia Kabupaten Dompu di tahun 2021 tercatat sebesar 68,45 poin dan meningkat 69,15 poin ditahun 2022. Ppada sektor kesehatan, pravelensi stunting tahun 2022 tercatat 13 persen, hal ini membaik jika dibandingkan dengan pencapaian tahun 2020 sebesar 14,3 persen.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Sementara dari sektor pembangunan infrastruktur pelayanan dasar, pada tahun 2022 terus menunjukan perkembangan yang positif. Dimana jalan dan jembatan terus mengalami peningkatan pada tingkat kemantapannya melalui beberapa pekerjaan strategis.

Saat ini sudah terdaftar melalui online sistem submission (OSS), sejak agustus 2021 hingga 6 april 2023, sejumlah 1.164 wirausaha baru. Hal ini mengalami peningkatan dari sejumlah 1000 wirausaha baru yang direncanakan dalam visi dan misi akj -syah hingga 2026 melampui menjadi 116,4%.

Kemudian pemerintah Kabupaten Dompu akan segera meresmikan rumah produksi tembakau kretek dan tembakau iris (TIS) yang berlokasi di Desa Woko, Kecamatan Pajo, dimana pada saat ini rumah produksi tembakau tersebut sudah memiliki nomor induk berusaha (NIB) dan nomor pokok pengusaha barang kena cukai (NPPBKC) yang merupakan izin untuk menjalankan kegiatan sebagai pengusaha pabrik.

Untuk lebih mendukung geliat tumbuhnya wirausaha-wirausaha baru, pemerintah Kabupaten Dompu juga akan segera mencanangkan car free day setiap akhir pekan yang belokasi di jalan Soekarno-hatta dan direncanakan pelaksanaanya setelah lebaran ini.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Katanya, komitmen pemerintah daerah untuk mendukung produk lokal daerah diwujudkan melalui diterbitkannya Peraturan Bupati nomor 47 tahun 2022 tentang produk lokal daerah. Perbup ini sebagai upaya perlindungan dan pemberdayaan produk lokal daerah untuk peningkatan pertumbuhan dan memperkuat struktur ekonomi daerah berbasis potensi lokal.

Pada momentum Hari Jadi Dompu ke-208, Pemda Dompu juga akan meresmikan unit operasional teknis daerah (UPTD) laboratorium kesehatan daerah (Labkesda) dan unit public safety center (PSC) 119.

“UPTD Labkesda ini sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat, pemeriksaan laboratorium memberikan kontribusi dalam pembangunan bidang kesehatan agar lebih cepat dan profesional, terjangkau, bermutu dan adanya PSC 119 dapat cepat menangani kejadian kegawatdaruratan yang membutuhkan pertolongan segera,” terangnya. ADV

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Dompu, Bimakini. – Bupati Dompu, H Kader Jaelani (AKJ) kembali dituntut agar dapat menstabilkan harga jagung petani. Selain itu, Bupati AKJ juga dituntut agar...

Peristiwa

Dompu, Bimakini. – Sejumlah ibu-ibu dan mahasiswa di Kecamatan Manggelewa, Kabupaten Dompu yang tergabung dalam Aliansi Tani Menggugat menggelar aksi blokade jalan negara di...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Bupati Kabupaten Dompu didesak agar segera menerbitkan Surat Keputusan (SK) tentang pengangkatan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK) terhadap 32 orang...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Bupati Kabupaten Dompu, H. Kader Jaelani (AKJ) resmi melantik eks Ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Dompu Firman, S.Pd., sebagai Kepala...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Upacara memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke 65 Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) tahun 2023 tingkat Kabupaten Dompu yang dilaksanakan di...