Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemilu Serentak 2024

Bawaslu dan Panwascam Kota Bima Ikuti Apel Siaga Pengawasan di Monumen Bumi Gora

Bawaslu Kota Bima bersama Panwascam dalam kegiatan apel siaga di Mataram.

Mataram, Bimakini.-Jajaran Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Bima dan Panwaslu Kecamatan Kota Bima mengikuti  “Apel Siaga Pengawasan” yang digelar Bawaslu Provinsi NTB di Monumen Bumi Gora Mataram NTB, Sabtu (17/6/2023).

Apel siaga pengawasan dirangkaikan dengan jalan sehat yang digelar pada Minggu (18/6/2023) bersamaan dengan car free day di jalan Udayana Kota Mataram.

Ketua Bawaslu Kota Bima Muhaemin mengatakan, kehadiran jajaran Bawaslu dan Panwascam Kota Bima dalam rangka konsolidasi pengawas pemilu dari 10 Kabupaten Kota se Provinsi NTB. Konsolidasi ini juga sebagai momentum untuk menyatukan hati dan pikiran dalam melaksanakan mengawasan pemilu 2024, untuk mewujudkan pemilu yang demokratis berintegritas dan bermartabat di Provinsi NTB.

“Ada 32 personil dari Bawaslu Kota Bima yang mengikuti apel siaga ini. Ketua dan Anggota, Korsek Bawaslu Kota Bima, Muhaemin, Idhar, Asrul Sani, dan Subhan. Ketua dan Anggota Panwascam serta Korsek dari 5 Kecamatan juga hadir dalam apel siaga pengawasan,” kata Ketua Bawaslu Kota Bima.

Dirinya berharap usai apel siaga pengawasan ini, jajaran Pengawas Pemilu Kota Bima semakin terjaga soliditasnya, semangat dan riang gembira dalam  melaksanakan tugas-tugas pengawasan tahapan penyelenggaraan pemilu 2024 di wilayah pengawasannya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Tugas kita kedepan semakin berat. Meski berat kita harus siap melaksanakan dengan penuh tanggung jawab,” harap Muhaemin.

Ketua Bawaslu Provinsi NTB Itratip ST MT sebagai Inspektur Apel mengatakan, bahwa Apel Siaga Pengawasan adalah momentum penting dan bersejarah bagi keluarga besar Bawaslu Provinsi NTB. Momentum membangkitakan semangat soliditas dalam meneguhkan hati untuk mengawal tahapan penyelenggaraan pemilu 2024.

Selain itu momen Apel Siaga ini sebagai ajang konsolidasi pengawasan seluruh jajaran pengawas pemilu.

“Monumen Bumi Gora ini menjadi saksi sejarah bahwa Bawaslu dan jajaran Panwascam mulai dari Sape hingga Ampenan siap mengawal tahapan Pemilu 2024 ini dengan bahagia dan riang gembira. Mari kita kawal pemilu ini dengan semangat kebersamaan dan riang gembira” ajaknya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Itratip juga mengingatkan bahwa putusan Mahkamah Konstitusi terkait sistem pemilu di Indonesia adalah proporsional terbuka. Itu artinya tantangan dalam penyelenggaraan pemilu kedepan semakin berat. Hal itu juga dikatakan para pegiat pemilu, para pakar politik dan pemerhati pemilu bahwa pemilu 2024 adalah pemilu yang berat dan kompleks. Karena selain tahapan Pemilu 2024 juga akan ada tahapan pemilihan sehingga ada irisan tahapan yang tentunya akan berimplikasi terhadap beban kerja jajaran Pengawas pemilu. Oleh karena itu jajaran pengawas pemilu harus siap menghadapi berbagai tantangan tersebut.

“Apapun tantangan yang dihadapai, kita harus memiliki komitmen dan semangat yang sama untuk menghadapi berbagai tantangan itu. Sebab peran pengawas pemilu sangat menentukan perwujudan pemilu yang demokratis dan berintegritas,” ungkap Ketua Bawaslu Provinsi NTB.

Apel siaga dihadiri perwakilan dari Pemrov NTB, Kanwil Kementerian Agama Provinsi NTB, Polda NTB, Korem 162/ Wira Bhakti, Anggota Bawaslu Provinsi NTB, Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi NTB, Ketua KPU NTB, dan sejumlah undangan lainnya. Diikuti seluruh Ketua dan Anggota Bawaslu Kabupaten Kota, Kasek/Korsek beserta staf Bawaslu Kabupaten Kota, Ketua dan Anggota serta Koordinator Sekretariat Panwaslu Kecamatan se Provinsi NTB. IAN

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemilu Serentak 2024

Kota Bima, Bimakini.- Badan pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bima Menggelar Apel Siaga Patroli Pengawasan menghadapai masa tenang hingga pemungutan dan penghitungan suara pemilu 2024,...

Pemilu Serentak 2024

Kota Bima, Bimakini.- Setiap tahapan Pemilu, memiliki tingkat kerawanan sendiri. Maka perlu ada pemetaan kerawanan disetiap tahapan, tertama masa tenang dan saat pungut hitung....

Pemilu Serentak 2024

Kota Bima, Bimakini.-  Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bima telah melakukan pengawasan dan pencermatan, terhadap data pemilih di Kota Bima untuk Pemilu tahun 2024....

Pemilu Serentak 2024

Kota Bima, Bimakini.- Proses pelipatan serta penyortiran surat suara telah selesai dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bima selama 8 hari, 5 Januari...

Pemilu Serentak 2024

Kota Bima, Bimakini.- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Bima mengawasi ketat kegiatan penyortiran dan pelipatan surat suara pemilihan umum (Pemilu) 2024, Sabtu (6/1/2024)...