Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

Gelar Pensi, Siswa MAN 2 Bima Suguhkan Sejumlah Kreativitas Seni  

Penampilan pentas seni siswa MAN 2 Bima, Kecamatan Sape, Sabtu.

Bima, Bimakini.- Penampilan siswa dan siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Bima, Kecamatan Sape, Kabupaten Bima, dalam Pentas Senin (Pensi), Sabtu 9 Maret 2024, cukup meriah dan memukau. Pada ajang yang mengusung tema “Membumikan ragam Budaya dengan Melangitkan Kreativitas” juga melibatkan siswa-siswi SMP, MTs dan Ponpes se Kecamatan Sape dan Lambu.

Para siswa dan siswa menampilkan antraksi seni, musikalisasi puisi, tari-tarian, baik tradisional maupun kontemporer. Selain itu menampilkan karya seni lainnya, seperti lukisan para siswa. Ada juga stand up komedi yang mempu menghibur siswa.

Acara ini juga dihadiri oleh Pemerintah Kecamatan Sape dan Lambu, kepala SMP, MTs, BUMN, dan lainnya. Sedangkan siswa SMP dan MTs yang ikut melibatkan siswanya dalam pentas seni, yakni  SMPN 1 Lambu, SMPN 2 Lambu, SMPN 6 Lambu, MTs Munawarah Sape, MTs Ar Ridwan Sape, serta MTs Darusakinah Sape.

Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Bima, Nasruddin, SAg, menyampaikan, kegiatan pentas seni ini sebagai bagian dari proses pembelajaran kepada siswa. Bahwa seni dan budaya menjadi bagian dari matapelajaran MAN 2 Bima.

Apa yang sudah diajarkan, kata Nasruddin, ditampilkan oleh siswa dalam kegiatan Pentas Seni. Rupanya, apa yang diajarkan kepada siswa, mampu disuguhkan dalam kreativitas seni yang luar biasa.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Pentas Seni juga sebagai upaya perkenalan kepada masyarakat, bahwa siswa MAN 2 Bima tidak hanya mampu dalam bidang matapelajaran, termasuk agama. Namun juga mereka memiliki kreativitas seni yang tinggi.

Seni dan budaya menjadi perhatian di MAN 2 Bima, karena menjadi bagian dari proses dakwah. Apalagi siswa-siswa juga teribat aktif dalam menyiapkan kegiatan.

Nasruddin juga menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan Pentas Seni, sehingga berjalan lancar dan sukses.

Guru Pembina Pensi MAN 2 Bima, Naida, S.Sn mengatakan, kegiatan ini sudah dirancang sejak awal pembelajaran, yakni Januari 2024. Siswa diajarkan untuk bisa menjadi Event Organizer, mulai dari pembentukan panitia, membuat konsep acara, menyiapkan penampilan dan lainnya. Jika acara sukses, maka dianggap berhasil dan itu mejadi penilaian kunci. “Dari hasil penampilan siswa, cukup luar biasa,” ungkapnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Semenatra itu, Camat Sape, Muhammad Akbar, Sp, MSi menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya pentas seni di MAN 2 Bima. Namun dingatkannya, agar siwa dan siswi mengedepankan seni dan budaya yang Islami.

Selain Pentas Seni dan Pameran Lukisan, juga diadakan bazar produk, baik kuliner maupun kaos karya siswa. Juga melibatkan UMKM luar yang ikut memamerkan produknya. Kegiatan ini direncanakan akan menjadi agenda rutin tahunan. IAN

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Gadis manis, Indah Lestari (16 Tahun) buah hati belahan jiwa Ilyas dan Emi Rustika. Lahir di Desa Soro Kecamatan Lambu. Siswa kelas...

Pendidikan

Bima, Bimakini.-  Siswa siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kabupaten Bima memeringati HUT ke76 Republik Indonesia, Selasa (17/8/2021). Pengibaran bendera merah putih dilakukan sederhana...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Pramuka Gugus Depan 06.127/06 128 Ambalan Telaga Anafari/Naga Nuri Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Bima menggelar kegiatan Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) 7...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Siswa/i Madrasah Aliyah (MA) Negeri 2 Kabupaten Bima, ikuti pelatihan jurnalistik yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Komunikasi (Himakom) Sekolah Tinggi Ilmu Sosial...

Pendidikan

Bima,  Bimakini.-  Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Bima, menggelar pelatihan jurnalistik dan Industri Kreatif, Kamis (28/1). Kegiatan yang diikuti siswa setempat ini  menghadirkan dua...