Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Pulau Sumbawa harus Tangguh dari Ancaman Bencana

Kota Bima, Bimakini.com.- Adanya kesamaan potensi bencana mendorong lahirnya Forum Pengurangan Risiko Bencana se-Pulau Sumbawa, Kamis (25/7), di hotel Marina. Pertemuan itu diikuti perwakilan empat kabupaten dan satu kota di Pulau Sumbawa.  Mereka terdiri dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Forum PRB. Pembentukan forum itu sendiri difasilitasi oleh Oxfam Australian AID dan European Commission. 

Pembentukan wadah bersama yang diberi nama Forum Penanggulangan Resiko Bencana (PRB) Kepulauan Sumbawa ini karena pentingnya membangun ketangguhan dalam menghadapi bencana, tidak hanya dalam skala lokal. Namun, lintas daerah, khususnya di Pulau Sumbawa. Diharapkan wadah  itu bisa menjadi ajang berbagi informasi dalam  mengurangi risiko bencana.

Pada pertemuan itu juga, masing-masng daerah menyajikan pengalamannya dalam masalah Penanggulangan Bencana (PB).  Kota Bima, Kabupaten Bima dan Dompu yang sudah memiliki Forum PRB, selain SKPD BPBD. Bahkan di Kabupaten Bima, Forum PRB lebih dahulu terbentuk dibandingkan BPBD-nya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Berbeda dengan di Sumbawa dan Sumbawa Barat, belum memiliki Forum PRB. Ketika berbagi (sharing) pengalaman masing-masng  daerah, Sumbawa akhirnya tertarik ikut membentuk Forum PRB. Bahkan, meminta buku panduan untuk pembentukannya, karena menilai sangat penting. “Di KSB meski belum terbentuk Forum PRB, namun masing-masing saling bekerjsama ketika bencana ada,” kata Usman, dari BPBD KSB.

Ihwana Mustafa, PM Oxfam Indonesia Timur, mengatakan di tingkat pusat juga ada Forum PRB, tidak hanya di tingkat daerah. Di Lombok juga sudah terbentuk wadah bersama, sehingga tidak salah jika di Sumbawa juga terbentuk.

Fasilitasi ini untuk meningkatkan pemahaman masing-masng daerah tentang konteks kebencanaan di Pulau Sumbawa. Berbagi pengalaman dan pembelajaran tentang upaya-upaya PRB ditingkat kota/kabupaten.

Hadir juga Sekretaris BPBD NTB, Drs. HM. Ali HA. Rahim, M.Pd dan mengapresiasi kegiatan untuk membentuk forum bersama. Ini menjadi bagian untuk menuju ketangguhan bangsa menghadapi bencana.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Sinergitas, kata dia, perlu terus dibangun satu dengan lainnya. Forum PRB inilah sebagai salah satu wadah untuk menumbuhkan sinergitas tersebut. (BE.16)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Berita

Jakarta, Bimakini.- NTB, khususnya Pulau Sumbawa memiliki potensi yang sangat besar untuk menjadi salah satu contoh atau rolemodel yang visionable atau berkelanjutan. Hal itu...

CATATAN KHAS KMA

SAYA agak resah sejak musim hujan kali ini. Keresahan ini, malah sudah meningkat menjadi kecemasan. Tentu bukan hanya saya, tetapi juga dirasakan oleh seluruh...

NTB

Mataram, Bimakini.- Sebagai upaya pengurangan risiko bencana secara reguler, Rinjani Lombok UNESCO Global Geopark (UGGp) bekerjasama dengan Lushan UGGp, Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Maraknya bencana dan musibah yang melanda berbagai daerah di Indonesia belakangan ini, mengharuskan semua pihak yang berada di Indonesia umumnya, harus siaga...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Desa Nisa Kecamatan Woha Kabupaten Bima merupakan salah saru desa yang terparah yang digenangi banjir bandang, Minggu (26/3). Hal  itu jika dilihat...