Connect with us

Ketik yang Anda cari

Hukum & Kriminal

Bolo Darurat Penjambretan!

Ilustrasi

Ilustrasi

Bima, Bimakini.- Tindakan pidana penjambretan dan  pencurian  disertai   Kekerasan (Curas) pada akhir-akhir ini di wilayah Kecamatan Bolo sudah masuk kategori darurat. Penilaian itu disampaikan oleh Penghulu Muda Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Bolo, Idham Khalik, SAg.

Dikatakannya, maraknya aksi penjambretan berikut aksi Curas  di wilayah Bolo akhir-akhir ini diduga dipicu oleh faktor ekonomi dan faktor akidah. Ini fenomena yang menjadi tanggungjawab semua pihak untuk mencari solusi  mencegahnya. Mulai  dari tataran pemerintah, aparat keamanan hingga komponen masyarakat. (Baca: Motornya Dirampas, Korban Dibacok)

Dia menyarankan membentuk forum untuk sosialisasi dan penyuluhan dengan unsur keanggotaan yang melibatkan semua pihak, termasuk kalangan masyarakat umum.

Dia meminta  semua pihak harus ikut andil  mengantisipasi terjadinya aksi pencurian. Misalnya bisa menjadikan atau memosisikan diri sebagai aparat  bila melihat atau mengetahui  aksi atau kejadian. Jika ada  ulah mencurigakan dari oknum-oknum tertentu secepatnya memberikan laporan atau informasi pada pihak aparat untuk menindaklanjuti.

“Karena dengan hal itu, kita semua sudah menjadi aparat atau Polisi bagi masyarakat,” paparnya.
Selain itu, pihak aparat harus  rutin berpatroli keliling di tempat-tempat yang dinilai rawan  aksi kejahatan.  Sebab, para pelaku kejahatan  bukan saja karena ada niat, tetapi karena  kesempatan. “Biasanya kesempatan mereka adalah di tempat yang sepi,” ingatnya.
Pada sisi lain,  dia mengimbau   masyarakat, khususnya kaum ibu bila hendak keluar rumah atau jalan-jalan, jangan memakai  perhiasan yang berlebihan. Hindari keluar rumah jika sudah larut malam. (BK29)

Iklan. Geser untuk terus membaca.

 

Bagikan berita

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Dua pelaku jambret berhasil diamankan Sabtu (23/12) malam. Pelaku adalah MR (17) dan SM (24), warga Desa Talapiti, Kecamatan Ambalawi, Kabupaten...

Hukum & Kriminal

Dompu, Bimakini.com.- Sejak beberapa hari terakhir ini, aksi penjambretan di Dompu marak. Pelakunya sampai saat ini belum diketahui. Mereka kabur ketika  berhasil merampas barang...