Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

MTsN Raba Intensifkan Pemantauan dan Evaluasian KBM

Kota Bima, Bimakini.com.-  Untuk meningkatkan kualitas pendidikan, sekaligus menjaga nama baik madrasah, Komite MTsN Raba Kota Bima mengintensifkan pemantauan dan pengevaluasian aktivitas kegiatan belajar-mengajar (KBM) siswa. Termasuk kinerja gurusetempat.

Pemantauan itu, diakui Ketua Komite MTsN Raba, Drs. Tauhid, dilakukan setiap bulan. Kemudian mengevaluasi kelebihan dan kekurangannya setiap tiga bulan. “Substansinya agar sistem pendidikan di madrasah ini tetap memberikan nilai positif yang mengacu pada pendidikan kualitas, bukan kuantitas,” ujarnya di MTsN Raba, kemarin.

      Akademisi STISIP Mbojo Bima ini mengapresiasi kerjasama pihak madrasah yang selalu terbuka dan tetap melibatkan Komite dalam urusan peningkatan kualitas pendidikan. Orangtua siswa dan masyarakat juga tetap dianggap sebagai elemen penting bagi pencapaian visi dan misi pendidikan madrasah setempat.

    Implikasi dari sistem yang dibangun seperti ini, ujar Tauhid, setidaknya memberikan hasil positif. Seperti siswa selalu berprestasi dalam berbagai kegiatan lomba dan dari tahun ke tahun animo masyarakat menyekolahkan anaknya di MTsN setempat, meningkat. “Kita bisa ukur karena kita rutin memantau dan evaluasi sesuai jadwal,” tandasnya.

     Kepala MTsN Raba, Drs. Hasan, M.Si, mengaku tetap melaksanakan, bila perlu memertahankan kemitraan dengan Komite, orangtua siswa, dan masyarakat dalam memajukan pendidikan. Tiga unsur itu merupakan elemen penting bagi kemajuan pendidikan, terutama bagi siswa.

“Kami selalu berusaha memanfaatkan potensi yang ada untuk mewujudkan orientasi pendidikan di madrasah ini,” ujarnya.

    Seperti, katanya, menambah jam belajar bagi siswa setelah melalui pembahasan bersama dengan tiga komponen itu. Saat ini, diprogramkan penambahan jam belajar selama dua jam. Tujuannya agar siswa matang menyiapkan diri ketika mengikuti berbagai lomba. Selain itu, pengadaan fasilitas pendukung untuk kenyamanan siswa melaksanakan kegiatan, seperti pembangunan mushala berdasarkan kesepakatan dan kerjasama dengan tiga komponen tersebut.

      Hasan menambahkan pada tahun ajaran 2012/2013, MTsN Raba menargetkan menerima siswa baru sebanyak 240 orang untuk mengisi enam ruangan yang disediakan. (BE.19)

              

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Politik

Bima, Bimakini.- Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia (Bawaslu-RI) menggelar  peluncuran serentak Meja Bantuan Pemantau Pemilu 2024 di kantor Bawaslu RI, Jum’at 10 Juni...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.com.- Maraknya penjual petasan saat  bulan Ramadan   menjadi atensi aparat Kepolisian. Selain meresahkan masyarakat yang sedang beribadah, juga membahayakan.

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.com.-  Kontroversi pembagian los pasar Tente semakin meruncing saja. Pembahasan yang berkali-kali dilakukan, belum menemukan titik temu penyelesaian. Aksi demo saling menyuarakan aspirasi...

Peristiwa

Perairan laut selatan, khususnya di Kecamatan Langudu menyimpan daya tarik luar biasa.  Pantai Pusu Desa Pusu, memang sebelumnya cukup terisolir. Menjamah tempat ini, jalurnya...

Opini

 Oleh: Musthofa Umar, S. Ag, M.Pd.I (Tulisan ini disampaikan pada Tausiyah PC PMII Bima di Masjid Al Anshor Penatoi – Kota Bima)  Berdasarkan tinjauan...