Peristiwa

Ratusan CJH Kabupaten Bima Ikuti Bimbingan Haji

Bima, Bimakini.com.-  Sebanyak 751 Calon Jamaah Haji (CJH) asal Kabupaten Bima, Kamis (24/5), mengikuti bimbingan manasik haji tahap pertama yang diselenggarakan Kantor Kementerian Agama (Kemnag) Kabupaten Bima. Mereka adalah 368 CJH perempuan dan 347 CJH laki-laki.

Kantor Kemnag Kabupaten Bima, Drs. H. Yaman, mengatakan setiap tahun CJH asal Kabupaten Bima selalu bertambah, namun sejalan dengan itu sekitar 5.000 lebih CJH masih mengantre diberangkatan. Banyaknya CJH yang masuk daftar tunggu diperkirakan akan berakhir pada tahun 2022.

Walaupun daftar tunggu masih banyak, katanya, animo masyarakat mendaftar terus bertambah dan Kemnag selalu siap melayani. Bimbingan CJH itu merupakan tahap awal, akan banyak bimbingan lain yang harus diikuti, bahkan bakal diselenggarakan pada masing-masing kecamatan. Kal itu karena jarak CJH yang relatif jauh.

     Kepala Bagian (Kabag) Kesra Setda Kabupaten Bima, H. Abidin, S.Sos, meminta CJH menyiapkan kondisi lahir dan batin sejak dini. Melatih kesabaran dan selalu mendekatkan diri kepada Allah.

    Dia meminta CJH selalu mensyukuri pemberian Allah dan meningkatkan kualitas keimanan. Pada saat mengikuti ibadah haji akan banyak ujian, oleh karenanya kesabaran sangat diperlukan. Sebelum menunaikan ibadah haji, CJH diminta meningkatkan silaturahim dengan sesama, karena apa yang dilakukan di rumah akan menjadi cerminan kepribadiaan saat di Makkah dan Madinah.

   Dia juga meminta seluruh CJH selalu berdoa agar diberikan kekuatan dan meraih haji mabrur.

    Pemateri dari Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Bima disampaikan, Tasmin Bukhari, S.KM. Dia mengingatkan, CJH sejak sekarang menjaga kesehatan karena mahal “harganya”. CJH harus bisa mengatur pola makan dan beristirahat agar stamina tubuh bisa bugar.

   Dia meminta CJH tidak begadang, namun lebih banyak  berolahraga ringan untuk menjaga kebugaran tubuh. Sejak sekarang hingga penyelenggaraan haji, bahkan saat kepulangan dari Makkah, kesehatan CJH akan selalu dipantau oleh petugas kesehatan.

“Saya berharap agar seluruh CJH bisa menjaga kesehatan, karena itu penting,” harapnya. (BE.18)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top