Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Aneh, jika Dinas PU Bilang Ada Peningkatan Jalan Ekonomi!

Bima, Bimakini.com.- Pernyataan pejabat Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Bima yang memastikan ada fisik peningkatan jalan ekonomi di desa Nggembe pada tahun 2012, menggelitik sejumlah warga. Mereka mengaku heran soal klaim pejabat SKPD tersebut.

Warga desa Nggembe Kecamatan Bolo Kabupaten Bima, Ori, memastikan selama tahun 2012 tidak pernah ada pengerjaan atau fisik peningkatan jalan ekonomi di desa setempat, kecuali pembukaan jalan ekonomi yang bersumber dari anggaran PNPM Pesiew. Pengerjaan itu meliputi jalan yang menembus sejumlah ladang milik warga menuju pegunungan.

Saat itu, katanya, dilaksanakan oleh Lembaga Kewasdayaan Desa (LKD). Bukan peningkatan jalan yang bersumber dari APBD. “Kami heran, rasanya mau ketawa. Aneh orang Dinas PU bilang ada peningkatan jalan ekonomi, tapi nyatanya tidak ada. Silakan tanya saja masyarakat,” katanya di Kecamatan Bolo, kemarin.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Dia mengharapkan, legislatif dan aparat Kejaksaan segera menelusuri persoalan tersebut. Kemungkinan besar proyek anggaran tahun 2012 item peningkatan jalan ekonomi untuk desa setempat tidak pernah dilaksanan. Hanya asal diklaim. “Silakan aparat turun mengecek dan mengelarifikasi masyarakat satu per satu ada tidak benar jalan yang diklaim PU,” desaknya.

Dikatakannya, tahun 2012 memang sempat ada proyek peningkatan jalan. Namun, tidak termasuk wilayah desa Nggembe, namun di dusun Bontoranu Desa Rada. Lokasinya cukup jauh dari jembatan yang berbatasan dengan desa setempat. Proyek itu bersumber dari anggaran PNPM Pesiew dan anggaran dari Pertanian untuk mendukung jalan perkebunan.

       “Kami kuatir jangan-jangan jalan di desa Rada itu diakui sebagai peningkatan jalan ekonomi. Tapi itu juga bukan  termasuk masuk desa Nggembe,” katanya.

      Diungkapkannya, saat kegiatan BBGRM di Kecamatan lapangan desa Tambe Kecamatan Bolo beberapa hari lalu, Bupati Bima pernah mengumumkan, pemerintah akan melaksanakan peningkatan jalan ekonomi di desa Nggembe beberapa pekan ke depan.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

       “Sempat ada pengumuman dari Bupati Bima juga peningkatan jalan ekonomi di desa Nggembe, saya kira mungkin baru dilaksanakan tahun ini,” katanya.

      Kepala Desa Nggembe, Ishaka Ta’amin, memastikan di desa setempat tidak pernah ada proyek peningkatan jalan ekonomi yang bersumber dari DPU Kabupaten Bima.

       “Tahun 2011 pernah ada di dusun Rababuntu pernah ada tahun 2011, dilaksanakan pihak ketiga atau CV, tapi itu kan tahun 2011,” katanya kepada Bimakini.com melalui telepon seluler, kemarin.

       Sebelumnya, Kepala Bidang (Kabid) Bina Program Taufik Rusdi, ST, di sekretariat DPRD Kabupaten Bima, Sabtu (31/8) sore, mengelaim ada pekerjaan fisik peningkatan jalan di Desa Nggeme Kecamatan Bolo tahun 2012. Pengerjaan jalan  di Nggembe ada dua, bersumber dari APBN dan APBD.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

       Dikatakan Taufik, pekerjaan jalan yang bersumber dari APBN mulai persimpangan jembatan Nggembe sampai desa menuju Donggo. Setelah itulah baru pekerjaan dilanjutkan oleh anggaran dari APBD Kabupaten Bima. “Fakta pekerjaannya ada di La Reu tembus ke jembatan. Saya sudah mengecek sendiri ke sana,” katanya.

       Namun, jumlah pagu yang disebutkan Taufik untuk pengerjaan jalan itu sekitar Rp100 juta. Berbeda dengan laporan bulan Oktober Dinas PU Kabupaten Bima senilai Rp240 juta. Demikian juga dengan perusahaan yang mengerjakannya berbeda dengan disebutkan Taufik. (anas)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Semak-semak yang tutupi bahu jalan di Desa Sampungu Kecamatan Soromandi Kabupaten Bima yang dikeluhkan wakil ketua BPD, dibersihkan oleh tim Dinas PUPR...

Ekonomi

Mataram, Bimakini- Di bawah kepemimpinan Gubernur Dr. TGH. M. Zainul Majdi yang akrab disapa TGB, Provinsi Nusa Tenggara Barat diyakini mampu menjaga momentum pertumbuhan ekonomi...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Pengerjaan proyek galian drainase kini dikerjakan massif   pada seluruh Kota Bima. Warga pun bertanya, kapan gorong-gorong atau talud dipasang. Dinas...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- merespon aspirasi masyarakat Woha yang mendesak perbaikan jalan depan Terminal Tente, direspon oleh Sekretaris Camat Woha, Irfan DJ, SH. Dia meminta agar...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Massa yang mengatasnamakan Forum Masyarakat Kae Kecamatan Woha, membakar ban di tengah jalan, tepatnya jalur terminal Tente, Kamis (6/10/2016). Mereka juga sempat...