Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Muka Membengkak, Yusuf Berobat ke Bali

dok.fbmakambalidompumantoi

dok.fbmakambalidompumantoi

Dompu, Bimakini.-  Sudah satu tahun lebih M Yusuf (21), warga Dusun Rasabou Barat Desa Temba Lae Kecamatan Pajo Kabupaten Dompu menderita kelainan pada wajahnya. Terjadi pembengkakan pada seluruh bagian muka. Rabu siang,   dia  dirujuk ke RSU Sanglah Bali untuk pengobatan intensif.

Disambangi  di rumahnya Rabu (14/09),  Yusuf yang pernah bekerja  di Malaysia tiga tahun itu ternyata baru beberapa menit yang lalu diantar warga yang peduli bersama Tim Medis  PKM  Ranggo dan keluarganya di Bandar Udara Sultan Muhammad Salahudin  Bima.

“Dia baru saja berangkat ke Bima,” ujar Rohani,  keluarga Yusuf.

Menurut Rohani,  Yusuf merupakan anak kedua dari pasangan Sudarman-Rahma. Dulu saat berangkat ke Malaysia  dalam keadaan sehat dan mukanya normal. Tetapi,  memang  sepupunya ini  mengalami   bicaranya sedikit gagap.

Saat bekerja di Malasyia, diakuinya,  sempat merasakan gatal gatal dan ada sedikit benjolan di bagian mukanya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Hajnah, tetangga Yusuf, mengaku  setelah mengalami kelainan itu  memilih  kembali ke kampung halamannya. Namun, karena  biaya pengobatan mahal tidak terobati.  Benjolan  pada seluruh mukanya semakin membesar. “Dia juga tidak suka diobati,” katanya yang diiyakan  beberapa tetangga.

Yusuf tinggal bersama orang tuanya dan saudara pada  rumah panggung sembilan tiang. Sekarang dirujuk   berobat je Bali berkat bantuan dari keluarga dan  warga yang peduli.

Pembengkakan diduga kanker itu menyerang hidung, muka, dan bagian lainnya. Bahkan, terlihat mukanya tidak dikenal lagi.

Dalam dinding akun Facebook Makambali Dompu Mantoi, Selasa siang, beragam foto Yusuf dipasang. Pembengkakan menutup mukanya dan mengubah bentuk hidung dan mulutnya.  Selama ini, Yusuf mengandalkan obat tradisional seadanya karena keterbatasan kemampuan.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Masih dalam akun itu, Dokter RSUD Dompu  menyarankan agar  dirujuk ke luar daerah, tetapi saat itu ditolak oleh pihak keluarga alasan biaya.

Dalam status itu, juga didoakan   semoga Allah memberikan kemudahan untuk membantu menyembuhkan Yusuf. Selama ini Yusuf  didampingi Yayasan WeSave Dompu. Nah,  bagi Anda yang ingin membantu disilakan hubungi Yayasan WeSave Dompu. (BK24)

 

 

Iklan. Geser untuk terus membaca.
Bagikan berita

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait