Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

Menjadi Jurnalis tidak Cukup dengan Kartu Pers

Peserta pelatihan Jurnalistik di IAI Muhammadiyah Bima.

Suasana pelatihan Jurnalistik di IAI Muhammadiyah Bima.

Kota Bima, Bimakini.- Menjadi jurnalis tidak cukup hanya bermodal kartu pers saja. Namun banyak hal yang harus dimiliki, salah satunya memahami betuk Kode Etik Jurnalistik (KEJ).

Hal itu disampaikan Redaktur Bimakini.com, saat menjadi pembicara pada pelatihan Jurnalistik yang diadakan Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Mata Kampus Institut Agama Islam (IAI) Muhammadiyah Bima,  Minggu (13/11/2016).

“Jurnalis itu bukan sekedar tenteng kartu pers, membusungkan dada, tidak menunjukkan sikap sopan santun. Wartawan itu memiliki etika dan semua tertuang dalam Kode Etik Juanalistik,” jelasnya.

Diakuinya ada keluhan sejumlah pihak, terhadap oknum yang dinilai tidak mencerminkan sikap jurnalis profesional. Bahkan ada juga yang memanfaatkan profesi ini untuk memeras atau menakuti.

Sejumlah pembicara dari media lain juga diundang serta. Tujuannya agar peserta mendapat pengetahuan dan pengalaman langsung dari para jurnalis.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Momen hadirnya sejumlah pembicara tidak disiakan oleh peserta menggali banyak informasi dan pengetahuan. Seperti Sri Ardilah, tertarik dengan pengalaman jurnalis dalam kegiatan liputan. Dia bersemangat menggali pengalaman dari narasumber tentang bagaimana lika-liku menjadi jurnalis.

Demikian juga dengan Aryani, bersemangat menggali pengalaman narasumber dalam mengungkap fakta. Menyajikan informasi untuk menjawab kehausan informasi publik.

Sofiyan Asy’ari, pada kesempatan itu berbagi pengalaman dan dasar yang harus dimiliki seorang jurnalis. Namun, lebih dari itu jurnalis profesional harus memahami etika.

Untuk mengasah pengalaman peserta, panitia memberi petugasan liputan lapangan. Sebelum turun lapangan, Sofiyan memberikan beberapa tehnik dalam wawancara. (BK.25)

Iklan. Geser untuk terus membaca.
Bagikan berita

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.- Lembaga Pers Mahasiswa Universitas Bima menggelar pelatihan jurnalistik tingkat dasar, Jumat 13 Oktober 2023. Pelatihan di aula Museum Samparaja ini akan...

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.- Sekolah Menengah Pertama Negeri (SPMN) 9 Kota Bima akan menggelar pelatihan jurnalistik bagi “Agen Wharima” siswa/siswi, Senin 14 Agustus 2023. Selain...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Ada yang beda dengan Pelatihan Jurnalistik Jilid II yang helat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bima di akhir tahun 2021 ini. Apakah itu?...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Mengapa harus ada kompetensi wartawan? Ini pertanyaan Bupati Bima, Hj Indah Damayanti Putri, SE yang diwakilkan kepada Asisten Setda Kabupaten Bima, Drs...

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.- Salah satu wujud penerapan kampus Merdeka, Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Muhammadiyah Bima, menggelar pelatihan jurnalistik bagi mahasiswa aktif. Kegiatan ini...