Connect with us

Ketik yang Anda cari

Berita

Warga Dompu Berduyun-duyun Bantu Korban Banjir

Warga Matua Dompu yang membuka dapur umum untuk membant warga Kota Bima.

Kota Bima, Bimakini.- Sejak terjadinya banjir bandang yang menerjang Kota Bima, 21 Desember 2016 lalu, warga Dompu tanpa dikomnado bahu membahu dan berupaya melakukan upaya pengiriman bantuan ke Kota Bima dengan berbagai cara. Ada yang membawa makanan, ada pula yang membawa pakaian layak pakai.

Munculnya solidaritas kolektif warga Dompu ini memang luar biasa dan menghias media sosial sejak banjir bandang menerjang Kota Bima. Sepanjang jalan mobil-mobil bantuan dari Dompu bersusulan datang ke Kota Bima untuk memberikan bantuan tanggap darurat pada saudara mereka yang terkena musibah. ”Ini luar biasa dan belum pernah terjadi semassif ini sebelumnya,” kata Iwan Sakral.

Iwan, yanag juga seoranf wartawan ini menyebutkan, tanpa dikomando ibu-ibu dasn masyarakat Dompu lainnya, secara spontan melakukan upaya-upaya yang memungkinkan mereka bisa segera menjangkau dan membantu saudaranya di Kota Bima yang sedang terkena musibah. ”Yang paling banyak adalah berupa makanan karena memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat Kota Bima yang sedang terkena musibah,” tambahnya.

Saking massifnya, menurut informasi yang diperoleh Bimakini.com di Dompu, masyarakat secara spontan dan sahut menyahut mengumumkan musibah yang terjadi di Kota Bima melalui pengeras suara di masjid-masjid di hampir seluruh wilayah Kabupaten Dompu. Mereka segera melakukan penggalangan dan membuat dapur-dapur umum serta posko darurat. ”Luar biasa solidaritas masyarakat Dompu,” kata Faruk, seorang Kota Bima yang sedang memgalami musibah.

Warga Desa Matua Dompu juga sangat antusias untuk membuat dapur umum dan menggalang dana. Mereka sigap bahu membahu mengumpulkan bahan makanan untuk dimasak dan dikirim ke Kota Bima.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Bahkan kepala Dinas Dikpora Kabupaten Dompu sempat mengajak para guru untuk membantu masyarakat Kota Bima yang disambut antusias oleh para guru di Dompu. ”Saya mengajak bagi para guru yang memperoleh sertifikasi agar menyisihkan sebagian sesuai dengan kerelaan masing-masing untuk membantu saudara kita yang kena musibah banjir bandang di Kota Bima,” kata H. Ikhtiar.

Saking massifnya gelombang bantuan dari warga Dompou yang dikirim dengan mobil-mobil kap terbuka, warga dan anak-anak di pinggir jalan di Kelurahan Tanjung sempat menanyakan Bimakini.com yang sedang lewat di situ. ”Dari Dompu ya, bagi di sini saja bantuannya ya,” katanya. Sambil menyebutkan mereka sangat membutuhkan air minum. (BK.27)

Berikut Foto-foto aktivitas masyarakat Dompu yang menggalang bantuan untuk masyarakat Kota Bima. (Foto-foto Iwan Sakral).

Iklan. Geser untuk terus membaca.
Bagikan berita

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

CATATAN KHAS KMA

SAYA agak resah sejak musim hujan kali ini. Keresahan ini, malah sudah meningkat menjadi kecemasan. Tentu bukan hanya saya, tetapi juga dirasakan oleh seluruh...

Peristiwa

Kota Bima,  Bimakini.- Intensitas hujan tinggi di wilayah pegunungan timur Kota Bima menyebabkan luapan air  sungai di sejumlah titik. Kenyataan itu membuat warga siaga....

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Banjir menggenangi wilayah Kota Bima sejak sejak pukul 17.00 WITA, Minggu (26/03/2017). Banjir baru mulai surut pukul 22.00 WITA. Sejumlah lokasi...

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.- Bantuan kemanusia di bidang pendidikan disalurkan oleh Kepma Bima Yogyakarta. Aksi tersebut merupakan respon terhadap musibah banjir bandang yang terjadi di...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.-  Sebanyak 250  mahasiswa STKIP dan STIE Yayasan pendidikan Islam (Yapis) Dompu, sudah tiga hari ini sejak 26 Desember lalu telah  melakukan...