Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

Seleksi Masuk PTN, SMAN 1 Madapangga Tarik Biaya, ,SMAN 1 Bolo Gratis!

Kepala SMAN 1 Madapangga, Abakar, MPd

Bima, Bimakini.- SMAN 1 Madapangga menarik biaya pada siswa untuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), namun berbeda dengan SMAN 1 Bolo yang menggartiskannya.

Koordinator SNMPTN SMAN 1 Madapanggga, Muhidin, S.Pd, mengatakan besarnya biaya yang ditarik, Rp.400.000 per siswa. Jumlah siswa yang sudah mendaftar 62  orang.

Dijelaskannya, berdasarkan kesepakatan wali murid, besarnya biaya seleksi Rp.400.000. Namun, setelah disetor, ternyata variatif, ada yang Rp100.000.

Biaya itu, kata dia, untuk membayar honor tim yang melakukan rekapitulasi nilai siswa, mulai dari semester I hingga semester V. Selain itu, digunakan membiayai pengadaan sertifikat siswa.

Seleksi, kata dia, dilakukan berdasarkan presitasi siswa tingkat sekolah, bukan kelas. Untuk SMAN 1 Madapangga yang masih berakreditasi B, kuotanya 30 persen dari jumlah siswa. “Prosedur seperti ini merupakan ketentuan yang dikeluarkan oleh Negara,” ujarnya, Sabtu (18/2/2017).

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Sementara Kepala SMAN 1 Madapangga, A. Bakar SPd MPd memebenarkan adanya penarikan biaya itu. Seleksi ini sebenarnya bisa dilakukan siswa secara online. Namun karena ada permintaan orang tua siswa dibantu sekolah, sehingga dibentuk tim dan biaya.

“Intinya uang tersebut akan dipergunakan untuk membiayai selama proses perekrutan,” ungkapnya.

Sementara itu, kepala SMAN 1 Bolo, melalui Wakasek Peningkatan Mutu Sirajudin SPd mengatakan, terkait perekrutan siswa melalui jalur SNMPTN digratiskan. “Intinya perekrutan SNMPTN di sekolah setempat tidak dibebankan anggaran kepada siswa,” katanya.

Sambungnya, kerana SMAN 1 Bolo Akreditasi A, kuota yang diambil sebanyak 50 persen dari jumlah siswa. Untuk jurusan IPA, dari jumlah siswa 234 yang mengikuti seleksi 118 orang. “Jurusan IPS dari 28 siswa, yang mengikuti seleksi 14 orang,” terangnya. (BK.36)

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pendidikan

Mataram, Bimakini.- Prestasi demi prestasi tercatat dan diukir oleh putra-putri duta Provinsi NTB dari berbagai bidang, dikancah Nasional maupun Internasional. Kali ini, prestasi membanggakan...

Pendidikan

Bima, Bimakini.-  Fania Nuraisyah siswi Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Kecamatan Madapangga, Kabupaten Bima, NTB yang menyabet juara satu Tari tingkat Internasional merupakan...

Pendidikan

Bima, Bimakini.-   Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1, Kecamatan Madapangga, Kabupaten Bima,  kembali menorehkan prestasi. Kali ini, Fania Nuraisyah, siswi Kelas III IPA 2...

Pendidikan

Bima, Bimakini. – Dua tahun berturut turut siswa dan siswi SMAN 1 Madapangga menjadi “Top Score” lulus SNMPTN se Kabupaten Bima. Hal itu menunjukkan...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Kemampuan dan bakat siswa SMAN 1 Madapangga tidak diragukan lagi, sebelumnya beberapa prestasi ditorehkan. Mengawali Tahun 2022, Alfat Rahman, siswa kelas XII...