Connect with us

Ketik yang Anda cari

NTB

Gubernur NTB Ajak Masyarakat Gemar Belajar

Mataram, Bimakini.- Gubernur NTB, Dr TGH M Zainul Majdi mengajak seluruh masyarakat untuk terus berikhtiar membangun daerah. Salah satu jalan membangun daerah adalah melalui pendidikan, dengan cinta ilmu dan gemar belajar, sebagai perwujudan dari masyarakat yang maju.

Ajakan tersebut disampaikan Gubernur saat mencanangkan Gerakan Cinta Membaca Masyarakat dan Rencana Pembangunan Diorama Arsip Pemerintah Prov NTB, Senin (22/5/2017), di halaman kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Prov NTB.

Pada kesempatan itu, Gubernur didampingi ketua TP PKK Prov. NTB, Hj Erica Zainul Majdi mengajak seluruh siswa PAUD, TK, SD/ MI, pustakawan dan arsiparis yang hadir, untuk terus berikhtiar untuk kemajuan daerah dan salah satu jalan membangun daerah adalah melalui pembangunan pendidikan.
” Dalam pendidikan, ada komponen utama yang harus diperhatikan, yaitu bagaimana agar manusia di daerah itu cinta kepada ilmu pengetahun,” tuturnya. Karena Ciri-ciri masyarakat yang maju itu adalah suka belajar.
“Jadi, jika suatu daerah masyarakatnya suka belajar, bukan hanya muridnya saja yang suka belajar, namun juga gurunya, bupatinya, gubernurnya, maka masyarakat itu pasti akan maju, ” jelas Gubernur.

Ia menambahkan, Perpustakaan dan Arsip merupakan bagian dari kekayaan daerah. Buku-buku dan khazanah pengetahuan yang ada di daerah ini, baik yang tertulis maupun yang tidak tertulis, merupakan sumber ilmu pengetahuan. Yang semuanya harus disimpan dan dirawat dengan baik. “Khusus untuk sumber tidak tertulis, menjadi tugas kepala dinas perpustakaan dan arsip untuk mendokumentasikan, baik dengan merekam atau memvisualisasikan, agar dapat menjad khazanah kita warga NTB,” pesannya.

Ia menyebut, banyak anak – anak di daerah ini yang sangat berprestasi, juga pemuda yang inovatif, serta tokoh perempuan yang bekerja untuk masyarakat, yang dapat dijadikan bahan arsip, yang nanti direkam untuk kemudian menjadi bahan ilmu anak kita di masa depan. “Jika khazanah keilmuan yang ada bertambah, maka akan bertambah pula kekayaan kita,”tuturnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi NTB, H. Saswadi, melaporkan tujuan pencanangan gerakan cinta membaca adalah untuk membangun masyarakat yang cerdas, inovatif melalui pemberdayaan perpustakaan sebagai sarana belajar dan memandang arsip sbg cerminan nilai budaya yang luhur.

Ia juga berharap, melalui kegiatan ini dapat turut mengangkat peran arsip sebagai salah satu point penting dalam pembangunan serta menjadikan arsip sebagai karya seni dan pusat menimba ilmu bagi putra putri bangsa. (BK37)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

NTB

Kota Bima, Bimakini.- Gubernur NTB, Dr H Zulkieflimansyah  menyebut dari seluruh Kabupaten/Kota, di Bima lah yang paling banyak balihonya. “Saat masuk ke Kota Bima,...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Gubernur NTB melakukan roadshow dan talkshow dengan lembaga pemerintah Kabupaten Dompu, lembaga keuangan dan lembaga mitra dengan tema sinergitas pengembangan SDM...

Peristiwa

Dompu, Bimakini. – Kehadiran Gubernur NTB yang melakukan roadshow dan talkshow dengan lembaga pemerintah Kabupaten Dompu, lembaga keuangan dan lembaga mitra dengan tema sinergitas...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Pemerintah Kabupaten Dompu telah berhasil menerapkan dan mendeklarasikan 3 (tiga) Pilar STBM. Ketiga pilar itu diantaranya, tidak buang air besar (BAB)...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Dinilai berhasil menerapkan dan mendeklarasikan 3 (tiga) Pilar STBM, yakni Pilar tidak buang air besar (BAB) sembarangan (Stop BABS), mencuci tangan...