Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

BPD Desak Tes Sekdes Dena segera Dipercepat

 

Foto Oyan: Ketua BPD Dena dan aparatur desa setempat saat dikonfirmasi terkait seleksi perangkat desa formasi Sekdes, Rabu (12/07).

Bima, Bimakini.- Seleksi perangkat desa formasi Sekretaris Desa (Sekdes) Dena Kecamatan Madapangga Kabupaten Bima tahap kedua diagendakan. Sebelumnya, pada seleksi tahap pertama dua  peserta mendapat nilai yang sama. Yakni Sumarni dan Wahyudin masing – masing mendapat nilai 99.

Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Dena, Iksan, SPd, mengatakan untuk menggenjot pelayanan maupun hal lainnya, proses tes tahap kedua untuk menentukan siapa Sekdes baru diminta segera dipercepat. Hal itu dilakukan lantaran pelayanan  masyarakat setempat lumpuh. “Lebih urgennya sangat memengaruhi pencairan dana desa,” ujarnya di Madapangga,  Rabu (12/07).

Iksan mengatakan, belum dilaksanakannya tes tulis bagi perangkat desa formasi Sekdes itu sangat memengaruhi pelayanan  kantor desa setempat. Tidak itu saja, pencairan dana dan pelaksanaan program yang dicanangkan terhambat. “Karena pada prinsipnya Sekdes adalah koordinator pengelola dana desa,” katanya.

Dia mengisyaratkan  BPD pernah mengirimkan surat kepada Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri melalui  DPMD agar bisa memercepat seleksi perangkat desa tahap dua. Selain itu,  pernah berkonsultasi  dengan Kabid Pemdes, Elfaisal, SEI, MM.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Diakuinya, saat konsultasi itu  Kabid Pemdes berjanji  akan menyampaikan kepada Kepala DPMD.  Kabid Pemdes tidak berani mengambil kesimpulan karena masih ada yang memiliki  kewenangan di atasnya. “Itu hasil konsultasi dengan Kabid Pemdes,” terangnya.

Kasi Pemberdayaan Masyatakat Desa Dena, Anwar M Said, membenarkan kalau pelayanan  desa setempat tidak optimal, lantaran belum ada Sekdes baru.

Mestinya, kata Anwar, menghadapi pencairan dana desa dan berbagai program yang akan dilaksanakan harus ada Sekdes baru yang memiliki kewenangan sebagai koordinator pengelola dana desa. (BK36)

Iklan. Geser untuk terus membaca.
Bagikan berita

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait