Connect with us

Ketik yang Anda cari

Hukum & Kriminal

Meski Bertipe B, Aktivitas Polda NTB seperti Tipe A

Foto Herman

Bima, Bimakini.- Selama Ramadan 1438 Hijriyah, sejauhmana kegiatan yang dilakukan oleh Mapolda NTB? Rupanya,  tergolong padat untuk ukuran Polda Tipe B. Berdasarkan pengakuan Kapolda NTB,  Brigjen Drs Firli, MSi, angka tertinggi kegiatan keagamaan dan sosial dipegang oleh Polda Kalimantan Timur (tipe A) dengan 35.803 kegiatan, disusul Polda Sumatera Selatan (tipe A) 17. 860 aktifitas. Urutan ketiga Polda NTB (tipe B) dengan jumlah 10.740 kegiatan.

“Masih banyak Polda tipe A jauh di bawah Polda NTB dalam segi aktivitas,” ujarnya saat acara halalbihalal di Mapolres Bima Kabupaten, Kamis (30/06) lalu.

Kata dia, hal ini menunjukan bahwa masyarakat telah membantu tugas dan tanggung jawab Polri, aktivitas dalam bulan Ramadan merupakan bentuk kepedulian antarsesama, memberikan sesuatu apa adanya supaya bisa merasakan bersama.

“Saya pernah tegaskan, meskipun Polda NTB adalah tipe B, tapi kinerja harus menjadi Polda tipe A,” tegasnya.

Kapolda  mengakui selama bulan puasa tidak ingin menggangu aktivitas masyarakat Bima dan anggota Polres Bima, sehingga hanya memerintahkan fokus melaksanakan kegiatan sosial dan keagamaan dalam lingkungan masyarakat. “Ada beberapa desa di Kabupaten Bima, disentuh oleh warga Polres Bima melakukan kegiatan pembagian Sembako dan makanan untuk persiapan berbuka puasa,” jelasnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Dikatakannya, kegiatan sosial dan keagamaan dalam bulan Ramadan bukan hanya dilakukan anggota Polri di wilayah Pulau Sumbawa saja, namun merata pada seluruh daerah. Berdasarkan data Kepala Biro Pendanaan Operasi Mabes Polri, Polda NTB   bertipe B, namun kinerjanya tidak kalah dengan Polda bertipe A.

Diakuinya, selama bulan Ramadan 1438 H, Polri pada  semua daerah di Polda NTB mampu mengendalikan situasi dan kondisi. Meski dia baru menjabat 4 bulan 12 hari, namun sudah 5 kali melaksanakan tugas di Bima.

“Sebenarnya saya ingin merasakan apa dirasakan rakyat, bahkan saya mau berkantor satu pekan dalam satu kabupaten atau kota, kalau wilayahnya daratan semua,” ujarnya.

Saat itu Kapolda  didampingi Ketua Bhayangkari NTB   dan sejumlah pejabat Polda NTB.  Ada juga Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi RI, Dr H Anwar Usman,   anggota DPR RI, H Muhammad Syafruddin serta keluarga besar Polres Bima Kabupaten. (BK34)

Iklan. Geser untuk terus membaca.
Bagikan berita

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait