Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Pembayaran Ganti Rugi Lahan Bandara SMS Tuntas 

Suasana proses
penuntasan pembayaran lahan Bandara kepada pihak ahli waris di lantai II gedung Bandara,  Jumat (25/08) lalu.

Bima, Bimakini.- Proses hukum sengketa sisa 60 are lahan milik  H Mansyur (alm) ditempuh hingga 12 tahun.  Berdasarkan putusan Mahkamah Agung (MA) dan pendekatan secara kekeluargaan ke-13  ahli waris,  pihak Bandar Udara (Bandara) Sultan Muhammad Salahuddin (SMS) Bima bisa menyelesaikan   sisa ganti rugi lahan tersebut.

Pembayaran itu  dilakukan pihak Bandara kepada pihak ahli waris di lantai II gedung Bandara,  Jumat (25/08) lalu. Saat itu  difasilitasi  Asisten I Setda, HM Qurban. Hadir  Kepala Pengadilan Bima, Kepala Kejaksaan Negeri Bima, Kepala KPP Raba,  Kepala BPN, Kapolres Bima Kabupaten dan Kota Bima dan Dandim 1608/Bima serta Muspika  Palibelo.

Kepala Bandara SMS Bima, Taslim Badaruddin, SH, MM, mengatakan setiap ada persoalan harus tuntas diselesaikan dan itu  tanggung jawabnya. Meskipun awalnya ada kesalahpahaman dengan pihak ahli waris, sehingga penyelesaian tertunda.

Penandatanganan penyelesaian ganti rugi lahan di Bandara Bima.

“Alhamdulillah melalui  pendekatan kekeluargan pada  ahli waris, ganti rugi ini bisa kami bayar hari ini sesuai putusan Mahkamah Agung. Meskipun sebelumnya pihak ahli waris meminta nilai di atas dari putusan itu,” jelasnya.

Diakuinya, karena keinginan  dua belah pihak belum tercapai, menyebabkan  penyelesaian pembayaran diundur. “Hari ini kami selesaikan pembayaran ganti rugi tanah Bandara sisa 60 are kepada 13  ahli waris berdasarkan amar putusan,” jelasnya.

Kata dia, berdasarkan hasil putusan  MA  lahan akan dibayarkan seharga Rp10 juta per are. Atau dari yang tersisa   seluas 60 are, berarti total Rp600 juta.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Setelah penandatanganan berkas oleh 13 ahli waris dan  pengurusan syarat  pembayaran, maka penyelesaian pelunasan akan langsung masuk ke rekening ahli waris.

“Karena hari Sabtu dan Minggu tidak ada pelayanan bank, maka kami akan memasukan ke rekening ahli waris hari Senin,” jelasnya.

Asisten I Setda, HM  Qurban, menegaskan  bagaimanapun prosesnya, pemerintah akan penyelesaian pembayaran sisa ganti rugi tanah Bandara SMS  Bima, berdasarkan putusan perkara nomor: 823 PK/pdt/2011, ganti rugi tanah akan dibayar sebanyak Rp600 juta, namum dipotong pajak PPN 2,5 persen dengan sisa lahan belum diselesaikan seluas 60 are.

“Pembayaran ini sesuai amar  putusan Pengadilan yang menetapkan Rp10 juta per are dari tuntutan para ahli waris yang meminta  20 juta per are,” kata dia.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Dia mengingatkan  ahli waris, setelah pembayaran ini tidak ada lagi muncul ketidakpuasan  soal harga. Pembayaran ganti rugi ini akan dilakukan melalui rekening dan dititipkan ke Pengadilan Negeri  Bima.

“Hari Senin ahli waris akan terima uangnya dari pihak Bandara melalui rekeningnya, karena opsi itu yang dipilih oleh bersangkutan,” tutupnya. (BK34)

Bagikan berita

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Rencana pengembangan landasan pacu Bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima dipastikan tetap mulai dikerjakan tahun 2019 nanti setelah Konsultan dari Kemenhub RI studi...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Bandar Udara Sultan Muhammad Salahuddin Bima, menggelar pisah pamit H Taslim Badaruddin, SH, MM, di halaman bandara setempat,  Rabu (28/2). Karena masataslim...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Besok, Rabu (28/2/2018) merupakan hari terakhir Taslim Badaruddin,SH, MM menjabat sebagai Kepala Bandar Udara Sultan Muhammad Salahuddin Bima. Pria asal Ternate itu,...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Rencana perpanjangan Run Way Bandara Sultan Muhammad Salahudin (SMS) Bima akan terwujud. Berdasar hasil rapat internal Kemenhub RI di Yogyakarta diputuskan nilai...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Rute penerbangan di Bandar Udara Sultan Muhammad Salahuddin (SMS) Bima kian hari terus bertambah. Sekarang, jumlahnya sudah mencapai 16 kali setiap hari....