Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Pemkot Bandung Hibahkan 300 Aplikasi Elektronik

DOK Humaspro: Wali Kota Bandung, M Ridwan Kamil dan Wali Kota Bima, HM Qurais usai meneken MoU Program Smart City beberapa waktu lalu.

Kota Bima, Bimakini.- Pascakedatangan Wali Kota Bandung, Ridwal Kamil, yang   mengenalkan konsep Smart City, Pemerintah Kota (Pemkot) Bima sudah menindaklanjuti melalui penandatangani nota kesepahaman (MoU). Hasilnya ada 300 aplikasi eletronik yang dihibahkan oleh Kota Bandung.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Bima, Supawarman, Rabu (04/10) mengaku  tindak lanjut dari kerjasama antara Pemkot Bandung dan Pemkot Bima itu sudah diekspresikan dalam nota kesepahaman. Melalui kerjasama ini, Pemkot Bandung sudah menghibahkan 300 aplikasi elektronik untuk Kota Bima.

“Sebanyak 300 aplikasi elektronik ini akan diterapkan secara bertahap, disesuaikan dengan kemampuan anggaran dan sarana prasarana pendukung yang ada,” ujarnya di dinas setempat.

Namun,  pada tahun 2017 ini direncanakan mengenalkan 25 aplikasi elektronik, walaupun ada sudah dilaksanakan. Di antaranya E-Kinerja, E-Budgeting, E-Musrenbang, E-Monev, dan E-Planning.

Diakui Supawarman, beberapa di antara aplikasi sebenarnya sudah diterapkan dan dijelaskan pula seperti aplikasi E-Kinerja. Nanti seluruh pegawai pemerintah dapat terpantau kinerjanya melalui aplikasi E-Kinerja ini oleh Kepala Daerah dan Organisasi Perangkat Daerah yang membidangi kepegawaian.     Semua pegawai terpantau pekerjaannya sehingga Kepala Daerah bisa menilai kinerja para pegawainya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Kita bertahap karena kita sesuaikan dengan sarana pendukung, akan  perluas sosialisasi pada masyarakat khususnya untuk aplikasi kaitan dengan publik,” ujarnya.

Dilanjutkannya, tahun 2018 nanti pun akan mencoba menerapkan aplikasi yang dapat memantau seluruh aktivitas jalan di Kota Bima melalui pemasangan CCTV. Aplikasi ini nanti pemerintah dapat memantau langsung persoalan yang terjadi sehingga dapat ditindalanjuti untuk dibenahi.

Ditambahkannya,  tentunya dukungan seluruh masyarakat ke depan diperlukan  sehingga melalui kerjasama dengan Pemkot Bandung menjadikan Kota Bima sebagai Smart City bisa terealisasi. Kemudian pelayanan kepada masyarakat pun akan lebih maksimal lagi ke depan. (BK32)

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.- Program Pemkot Bima dengan Smart Citynya harus mendapat dukungan semua elemen, termasuk sekolah. Apalagi sudah ada dukungan website gratis untuk semua...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Jika tidak ada kendala, di awal 2021, Pemkot Bima mulai mengintegrasikan sekaligus menguji coba seluruh fasilitas pendukung penerapan Kota Smart City. Salah...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Saat kegiatan reses di Kelurahan Rite dan Penaraga, Wakil Ketua DPRD Kota Bima, Syamsurih, SH menginformasikan bahwa di tahun 2020, Pemkot...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Mewujudkan agenda besar Pemkot Bima menjadikan Kota Bima menjadi kota Smart City di tahun 2020, Dinas Komunikasi dan Informatika (DisKominfo) berencana...

NTB

Mataram, Bimakini.- Wali kota Bandung, Ridwal Kamil menyebut Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi sebagai representasi pemuda Indonesia yang mampu memimpin bangsa. Selain...