Connect with us

Ketik yang Anda cari

Politik

Panwaslu Temukan Calon PPK-PPS Suami Istri

Abdullah, SH

Bima, Bimakini.- Tes seleksi anggota PPK dan PPS yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima, ditemukan ada pasangan suami istri. Hal ini perlu ditinjau kembali oleh penyelenggara.

Ketua Panwaslu Kabupaten Bima, Abdullah, SH mengingatkan KPU agar selektif dan melihat kembali nama-nama yang lulus tahapan ini. “Di Desa Naru Kecamatan Sape dan Cenggu Belo, ada calon lulus seleksi administrasi dan tulis masih memiliki status hubungan suami isteri di kecamatan lain juga ditemukan bapak dan anak sebagai calon PKK,” ujarnya di Panwaslu Kabupaten Bima, Senin (06/11/2017).

Kata dia, jika mengacu UU Nomor 15 tahun 2011 dan UU Nomor 10 tahun 2016, itu tidak dibolehkan. “Kami tetap melakukan identifikasi untuk calon PPK dan PPS sampai pengumuman nantinya,”  jelasnya.

Menurutnya, semestinya ini tidak terjadi, jika KPU benar-benar selektif. “Kejadian seperti ini sangat lucu dalam proses perekrutan anggota PPK dan PPS, KPU harus bisa melihat kondisi itu,” katanya.

Apalagi, kata dia, tidak ada ruang bagi masyarakat untuk menyampaikan tanggapan. Apalagi jika ada yang terlibat dalam partai politik.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Informasi itu harus dari masyarakat, sementara KPU tidak pernah memberikan peluang bagi warga untuk memberikan tanggapan setelah proses tahapan dilakukan,” jelasnya.

Dia kuatir proses perekrutan PPK dan PPS akan menuai masalah dikemudian hari. Untuk itu disarankannya untuk meneliti kembali nama-nama yang ada.

“Saya meminta KPU untuk melihat kembali nama-nama yang lulus jangan terburu karena jadwal ini bahaya kalau mereka tidak melihat nama-nama yang lulus,” jelasnya.

Menurutnya, ada indikasi pelanggaran dan kelalaian oleh KPU, namun sejauh ini belum melakukan pemaggilan. Pihaknya masih member kesempatan kepada KPU untuk mencermati kembali nama-nama calon PPK dan PPS.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Kami akan menunggu sampai pada penetapan PPK dan PPS nanti, sebagai bentuk pencegahan kami hanya mengingatkan saja ke KPU,” ungkapnya. (BK34)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Politik

Bima, Bimakini.- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima, akan menyeleksi ulang Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk pemilihan Bupati dan...

Politik

Kota Bima, Bimakini.-  Pembentukan Calon Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB serta Wali...

Politik

KOTA BIMA, Bimakini.- Setelah seleksi tes tertulis calon Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilu 2024 tingkat Kota Bima tuntas dilaksanakan pada hari, Selasa (6/12/2022),...

Politik

Bima, Bimakini.- Sebanyak 277 Calon Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kabupaten Bima dinyatakan lulus seleksi tertulis. KPU Kabupaten Bima menetapkan paling banyak tiga...

Politik

KOTA BIMA, Bimakini.- Dalam rangka menyukseskan penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2024, Komisi Pemilihan Umum Kota Bima saat ini tengah melaksanakan kegiatan Pembentukan Badan Adhoc...