Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Tujuh Rumah di Risa Hangus, Dua Rusak

Puing rumah yang terbakar di Risa.

Bima, Bimakini.- Kebakaran rumah kembali terjadi di Kecamatan Woha Kabupaten Bima. Kali ini menimpa sembilan rumah di RT 3 RW 01 Dusun Laheko Desa Risa Selasa malam (31/10) sekitar pukul 21.30 WITA. Tujuh unit rata dengan tanah, sedangkan dua lainnya rusak ringan.

Rumah yang terbakar itu milik delapan warga, satu di antaranya Umar memiliki dua rumah. Dugaan sementara insiden itu dipicu arus pendek listrik dari rumah kosong.

Kebakaran terjadi saat pemilik rumah dan warga lainnya tidak berada di tempat. Akibatnya, masyarakat kewalahan memadamkan kobaran api.

Rumah yang terbakar itu milik Suherman (35), Jaharuddin (30), M Amin (50), Ihdar (40), Darwis (40), Nurdin (45), H Abubakar, dan Umar (40).  Rata-rata rumah panggung juga ikut hangus.
Kepala Desa (Kades) Risa, Ir Arifuddin, menjelaskan api pertama kali diketahui oleh anak-anak, saat dilihat asap hitam tebal sudah mengepul dari dalam rumah kosong milik Darwis. Diduga api bersumber dari arus pendek listrik di rumah kosong itu, sehingga menimbulkan gumpalan asap dan tidak lama kemudian mengeluarkan api.

Diceritakannya, beberapa warga yang masih tersisa di sekitar tempat kejadian dan kampung, langsung menuju lokasi. Ternyata api sudah lama ‘menyerbu’ rumah Darwis. Warga kewalahan mengatasinya. Selain itu, belum ada mobil pemadam yang tiba di lokasi.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Warga hanya secara manual memadamkan api,  untung ada air  sungai yang disedot untuk membantu memadamkan api yang semakin berkobar itu,” kata Kades  Rabu (01/11/2017).

Katanya, kondisi Dusun La Heko saat itu memang sepi, karena sebagian besar warga  pergi menonton MTQ Provinsi NTB di Dadibou. “Api berhasil dipadamkn setelah tujuh rumah panggung berhasil dilahap sijago merah,” katanya.

Untungnya, tidak ada korban jiwa saat  peristiwa itu. Sampai saat ini nilai kerusakan belum bisa dikalkulasikan. Rata-rata korban menyimpan bibit bawang di rumah masing-masing. (BK34)

Iklan. Geser untuk terus membaca.
Bagikan berita

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Bupati dan Wakil Bupati Bima dimulai, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE, menyumbang Rp40 juta untuk pembangunan Masjid Manbaul Khair dan dua Mushola...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Di hari raya Idul Adha 1441 H, di Desa Keli, Kecamatan Woha, ada 22 hewan qurban. Kepala Desa Keli, Drs Ramli mengungkapkan,...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Sejumlah Mahasiswa yang tergabung dalam Persatuan Mahasiswa Risa (PMR),  aksi menuntut transparansi penggunaan anggaran tahun 2019, Kamis (18/6). Mereka juga sempat menutup...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Pemerintah Desa (Pemdes) Risa, Kecamatan Woha, menindaklanjuti Surat Edaran Gubernur NTB Nomor: 180/112/kum/2020 tentang Upaya Pencegahan Covid-19 di Tempat Kerja, Surat Edaran...

Peristiwa

Bima, Bimakini.-  Pemerintah Desa (Pemdes) Risa, Kecamatan Woha, Kabupaten Bima, membagikan masker gratis kepada warga, , Kamis (23/4/).  Ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus...