Connect with us

Ketik yang Anda cari

Politik

Panwascam Raba Rekomendasikan Lima ASN Terlibat Politik Praktis

Ketua Panwascam Raba, M Jafar

Kota Bima, Bimakini.- Selain enam Aparatur Sipil Negara (ASN) yang direkomendasikan oleh Panwaslu Kota Bima, ada juga yang diproses oleh Panwascam Raba. Ada lima ASN yang telah direkomendasikan ke Pemkot dan Pemkab Bima.

Ketua Panwascam Raba, M Jafar mengatakan, saat kegiatan silaturrahmi dan pembentukan tim H A Rahman dan Hj Fera Amelia di Kelurahan Penaraga, ada 10 ASN yang hadir. Lima ASN prosesnya dilimpahkan ke Panwaslu Kota Bima dan sisanya diporses Panwascam Raba.

Dari lima ASN itu, kata Jafar, tiga ASN  lingkup Pemkot Bima dan dua ASN bekerja di Pemkab Bima. Saat klarifikasi mereka mengaku mendapat undangan, namun tidak mengetahui jika ada pembentukan tim.

“Padahal dalam surat undangan tersebut, jelas tertulis silaturrahmi dan pembentukan tim pemenangan di Kelurahan Penaraga,” ujarnya via handphone, Kamis (18/1).

Rekomendasi itu, kata dia, disampaikan 12 dan 13 Januari 2018. Semua dinilai telah melakukan pelanggaran etik, sesuai Surat Edaran (SE) Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Ke sepuluh orang yang diproses baik oleh Panwaslu Kota Bima dan Panwascam Raba adalah hasil pengawasan langsung di lokasi kegiatan,” ujarnya.

Diharapkannya, ASN tidak terlibat lagi dalam kegiatan politik praktis sesuai SE Mendagri.  ASN bisa saja diproses pidana, jika masih melakukan pelanggaran setelah penetapan pasangan calon dan masa kampanye.

“Sekarang Panwascam sudah dibantu oleh PPL di setiap kelurahan, sehingga pengawasan bisa  lebih maksimal,” ungkapnya. (IAN)

Iklan. Geser untuk terus membaca.
Bagikan berita

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

Politik

Bima, Bimakini.- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bima, telah melakukan pleno terkait temuan oknum ASN lingkup Pemkab Bima yang terlibat memosting kelender salah satu...

Politik

Bima, Bimakini.- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bima, melakukan pencegahan, pengawasan dan penindakan terhadap pelanggaran Pemilu. Terbukti  belum lama ini telah memanggil dan meminta...

Politik

Kota Bima, Bimakini.- Pemilik akun facebook Luken Hme, memenuhi klarifikasi Panwaslu Kota Bima, Jumat (16/3). Guru di salah satu SDN Palibelo ini mengakui kesalahannya...

Pemerintahan

Kota Bima,  Bimakini.-  Jumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kota Bima yang diproses karena terlibat politik praktis, sebanyak 14 orang. Jumlah itu dditerima  Badan...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Pemerintah Kota (Pemkot) Bima kembali memberikan saksi kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) yang terbukti berpolitik praktis. Sanksi diberikan setelah melalui sidang...