Connect with us

Ketik yang Anda cari

Politik

Syarat Bacaleg Banyak Belum Lengkap

Bima, Bimakini.- Setelah melakukan penelitian dokumen bahan pencalonan diajukan Partai Politik (Parpol), KPU Kabupaten Bima menemukan adanya berkas bakal calon yang belum lengkap. Berkas calon ini akan disampaikan kembali ke penghubung masing-masing Parpol pada masa perbaikan.

“Kami sudah lakukan penelitian administrasi terhadap dokumen diajukan parpol, hasilnya masih banyak syarat calon yang belum dilengkapi,” jelas Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kabupaten Bima, Arifuddin, SH, di ruangannya, Jumat (20/7).

Kata Arif, total bakal calon legislatif didaftarkan atau diajukan 16 partai politik, sebanyak 637 orang. Terdiri dari 409 laki-laki dan 220 perempuan.

“Dari jumlah ini, ada beberapa dinyatakan lengkap dan tidak. Namun baru diketahui berapa persen atau berapa banyak, setelah proses input selesai,” ujarnya.

Kata dia, setelah dilakukan penelitian secara menyeluruh pada 18 Juli 2018, pihaknya melanjutkan dengan menginput melalui aplikasi Sistim Informasi Pencalonan (Silon).

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Hasil input itulah yang akan disampaikan kembali kembali ke masing-masing penghubung Parpol. Kami akan kembalikan besok pada tanggal 21,” jelas dia.

Kata Arifuddin, berdasarkan peraturan KPU, masa perbaikan dimulai 22 sampai 31 Juli 2018. Jika bakal calon yang didaftarkan ingin maju, maka harus melengkapinya.

Dia mengaku, selama pendaftaran dibuka, pihaknya bekerja sampai pukul 24.00 Wita. “Ya, mau bagaimana lagi, kami harus menginat di kantor karena itu perintah harus kami laksanakan,” pungkasnya. (MAN)

Iklan. Geser untuk terus membaca.
Bagikan berita

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

Pemilu Serentak 2024

Bima, Bimakini.- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima menindaklanjuti Saran Perbaikan Bawaslu Kabupaten Bima terkait dokumen bakal calon Anggota DPRD Kabupaten Bima dengan menggelar...

Pemilu Serentak 2024

Kota Bima, Bimakini.- Komisi pemilihan Umum Kota Bima, sesuai dengan jadwal dan program kegiatan tahapan Pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota, Sabtu...

Politik

Kota Bima, Bimakini.- Selama pelaksanaan pemilu legislatif (Pileg) di Kota Bima terhitung sejak 17 April, ditemukan 97 dugaan pelanggaran berat terjadi oleh penyelenggara. Baik...

Politik

Kota Bima, Bimakini.- Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Bima mengelaim empat kursi untuk DPRD. Klaim ini memastikan partai berlambang matahari terbit itu keluar sebagai...

Politik

Kota Bima, Bimakini.- Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Kota Bima memastikan mempertahankan eksistensinya di DPRD Kota Bima. Berdasarkan  hasil perhitungan form C1 Pemilu 2019...