Connect with us

Ketik yang Anda cari

NTB

Kepala Desa/Kelurahan Penting dalam Penanggulangan Bencana

Mataram, Bimakini.- Dukungan penuh dari Bupati/Walikota, khususnya melalui Camat dan Kepala Desa/Kelurahan di wilayah terdampak gempa, dinilai penting dalam penanganan bencana.

Hal itu dikatakan Gubernur  NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah SE., M.Sc, saat menghadiri penyerahan bantuan komunikasi berupa handphone dan kartu internet dari PT XL Axiata, Rabu (10/10/2018), di ruang rapat utama kantor Gubernur NTB.

“Dalam upaya penanganan pasca bencana, komunikasi  seringkali menjadi masalah. Belajar dari beberapa daerah di Indonesia yang juga mengalami musibah serupa, seperti Aceh dan Daerah Istimewa Yogyakarta, pemerintah provinsi setempat tidak mungkin bekerja sendiri,” jelasnnya.

Gubernur menjelaskan, pihaknya telah membentuk pusat komando/command center (CC), guna memudahkan proses mengakses data secara realtime. Pemerintah Provinsi harus punya info yang lengkap dan up to date langsung dari daerah terdampak.

Gubernur mengatakan dengan fasilitas smartphone serta paket internet gratis selama satu tahun yang diberikan kepada beberapa desa, kecamatan serta sekolah yang terdampak bencana. Diharapkan Pemerintah Provinsi melalui CC yang dikomandani oleh Wakil Gubernur, Hj. Dr Ir. Hj. Sitti Rohmi Djalillah, akan lebih mudah menerima laporan dari Kepala Desa, Camat maupun Kepala Sekolah tersebut.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Laporan yang diterima nanti bukan hanya berupa laporan secara tertulis maupun lisan namun juga bisa dikirim dalam bentuk foto maupun video,” terang Gubernur.

Dia berharap, segala perkembangan yang terjadi di lapangan secara rutin bisa dipantau setiap sore melalui command center. Data dan laporan itu nantinya akan menjadi bahan evaluasi oleh Pemerintah Provinsi.

Total 285 bantuan smartphone yang dilengkapi paket bebas internet selama 1 tahun diserahkan kepada Camat, Kepala Desa dan Madrasah yang terdampak parah bencana gempa.

Penyerahan bantuan diserahkan langsung oleh Direktur Telnologi PT XL Axiata, Yessie D Yosetya.  (PUR)

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

NTB

Kota Bima, Bimakini.- Gubernur NTB, Dr H Zulkieflimansyah  menyebut dari seluruh Kabupaten/Kota, di Bima lah yang paling banyak balihonya. “Saat masuk ke Kota Bima,...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Gubernur NTB melakukan roadshow dan talkshow dengan lembaga pemerintah Kabupaten Dompu, lembaga keuangan dan lembaga mitra dengan tema sinergitas pengembangan SDM...

Peristiwa

Dompu, Bimakini. – Kehadiran Gubernur NTB yang melakukan roadshow dan talkshow dengan lembaga pemerintah Kabupaten Dompu, lembaga keuangan dan lembaga mitra dengan tema sinergitas...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Pemerintah Kabupaten Dompu telah berhasil menerapkan dan mendeklarasikan 3 (tiga) Pilar STBM. Ketiga pilar itu diantaranya, tidak buang air besar (BAB)...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Dinilai berhasil menerapkan dan mendeklarasikan 3 (tiga) Pilar STBM, yakni Pilar tidak buang air besar (BAB) sembarangan (Stop BABS), mencuci tangan...