Connect with us

Ketik yang Anda cari

Hukum & Kriminal

CCTV tidak Membantu Kemanan Transaksi di ATM

Kota Bima,  Bimakini.- CCTV yang terpasang di dalam Anjungan Tunai Mandiri (ATM) ternyata tidak menjamin amannya transaksi nasabah dari pelaku kejahatan.

Padahal data nasabah rawan dilacak melalui  saat transaksi ATM. Pelaku akan menyimpan alat khusus di ATM guna merekam data dan rahasia nasabah. Salah satunya dengan memasang criming card.

Pimpinan BNI Cabang Bima,  H Muhamad Amir mengatakan, bahwa CCTV tidak menjamin dapat membuka kedok pelaku kejahatan perekaman data kartu ATM. Pasalnya saat pelaku melakukan aktifitas penyimpanan alat perekam data ATM nasabah,  pelaku melakukan dengan rapi, layaknua nasabah bertransaksi.

Terlebih dari hasil pemeriksaan dan investigasi pihaknya,  cara pemasangan alat perekam sangat cepat. Sehingga sulit dibedakan antara nasabah bertransaksi dengan pelaku kejahatan.

Biasanya alat perekam simpel,  hanya meletakkan alat seadanya untuk tujuan mengganjal keluar masuknya kartu ATM.  Bahkan ada kamera mini di bagian papan tombol ATM.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Tujuannya untuk merekam data dan aktifitas nasabah saat bertransanksi,  baru kemudian dilakukan pengambilan uang nasabah,” ujarnya.

Namun Amir berharap  dan menghimbau nasabah saat akan bertransaksi melalui ATM, lebih teliti. Pastikan tidak ada yang janggal.  Seperti adanya lubang kecil di samping tombol,  kayu atau barang apapun di tempat memasukan kartu.

Juga agar nasabah dapat menggunakan aplikasi SMS banking dan semacamnya.  Perlu mengaktifkan aplikasi agar transaksi cepat diketahui. “Kalau pun ada aksi pencurian dana nasabah dapat cepat diketahui dan dilaporkan,” pungkasnya. (DED)

Iklan. Geser untuk terus membaca.
Bagikan berita

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Pihak Bank NTB Cabang Bolo didesak oleh Hj Hadijah untuk mengembalikan agunan berupa sertifikat lahan seluas 1 hektar lebih.  Pihak Bank NTB...

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Sekelompok masyarakat mengatasnamakan Ikatan Mahasiswa Ambalawi (Imawi) aksi unjukrasa di depan BRI Unit Wera Kecamatan Ambalawi, Senin (1/3), sekitar pukul 10.50 Wita....

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Kasus raibnya saldo nasabah pada Bank Nasional Indonesia (BNI) kembali terjadi. Kali ini dialami salah satu nasabah bernama Mustafa, dimana saldonya terkuras...

Ekonomi

Kota Bima, Bimakini.- Setelah sempat heboh dengan raibnya ratusan juta uang nasabah Bank Negara Indonesia (bni) 46 Cabang Bima akibat kejahatan Skimming Card, kini...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Bank Negara Indonesia 46 Cabang Bima Nusa Tenggara Barat (ntb) akhirnya mengganti uang para nasabah yang hilang sejak Selasa (29/1). Total...