Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Warga Gangguan Jiwa di Kabupaten Bima Juga Ikut Perekaman KTP Elektronik

Zainuddin HI

Bima, Bimakini.- Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bima, Drs Zainuddin HI, mengaku sudah lama melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik bagi masyarakat yang mengalami gangguan jiwa. perekaman ini bukan untuk kebutuhan lain, melainkan untuk pelayanan dasar Pemerintah.

“Kami sudah lama melakukan perekaman KTP Elekronik bagi masyarakat yang mengalami gangguan jiwa, ini kami lalukan supaya pemerintah bisa memberikan pelayanan dasar kepada bersangkutan,” jelasnya di ruangan kerjanya, Senin (11/02).

Kata dia, hal itu dilakukannya saat perekaman KTP ke Desa-Desa. Selain maayarakat yang normal dan disabilitas, juga menerima data masyarakat gangguan jiwa.

“Tahun 2018 lalu, kami bekerja sama dengan Pemdes Leu Kecamatan Bolo untuk perekaman KTP, ada 9 orang mengalami gangguan jiwa yang kami rekam,” ungkapnya.

Kata dia, tidak hanya orang biasa atau disabilitas, namun masyarakat gangguan jiwa juga membutuhkan identitas yang diakui oleh Negara.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Ada lebih dari satu orang di Desa Doridungga, kami berhasil merekam, meski harus diimingi uang dulu,” bebernya.

Kata dia, perekaman KTP elektrik bagi masyarakat yang alami gangguan jiwa, bukan hanya untuk Pemilu. Orang gila berhak mendapatkan KTP Elektronik supaya mendapatkan pelayanan dasar.

“Kita memiliki hak yang sama, orang gangguan jiwa di Kabupaten Bima sudah jarang yang tidak tidak memiliki KTP elektronik, bukan tujuan untuk pemilu, tapi untuk memberikan pelayanan dasar, itu kewajiban negara untuk memberikan legalitas kependudukan,” katanya.

Kata dia, perekaman KTP Elektronik bagi penderita gangguan jiwa tidak dikhususkan untuk didatangi. Namun apabila ada kerjasama dengan desa.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Bagi yang belum kerja sama, datangi kantor Dukcapil untuk dilakukan perekaman, bukan Dukcapil yang mendatangi masyarakat yang gangguan jiwa,” pungkasnya. (MAN)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP) – Elektronik (EL) gencar dilakukan oleh Dinas Dukcapil Kabupaten Bima dengan cara Jemput Bola (Jebol) yakni turun...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Warga Desa Rasabou Kecamatan Bolo Kabupaten Bima masih banyak yang belum memiliki legalitas kewarganegaraan. Memastikan warga memiliki KTP-E, KK dan lainnya, Tim...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Bima Drs Zunaidin, HI, mengaku dalam waktu dekat akan melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Jumlah warga yang mengikuti perekaman data kependudukan dan mengajukan permohonan Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik serta dokumen lain meningkat drastic. Disdukcapil akan...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Kinerja pelayanan administrasi kependudukan jajaran dinas kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bima patut mendapat acungan jempol. Sampai Desember 2018, sudah dilakukan perekaman...