Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

2020 Kominfo Bangun Pusat Informasi Kendali Emergenci

Kepala Diskominfo Kota Bima,  Ir Supawarman

Kota Bima,  Bimakini.- Guna memberikan pelayanan cepat dan tepat pada masyarakat,  Pemkot Bima melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan bangun commad center tahun 2020.

Rencana pelayanan cepat ini menjadi salah satu agenda pembangunan   Kota Bima di bawah kepemimpinan Lutfi-Feri. Tujuannya  mempermudah dan mempercepat pelayanan pada masyarakat, khususnya berkaitan dengan emergenci,  termasuk kesehatan,  perijinan maupun kedaruratan.

Kepala Diskominfo Kota Bima,  Ir Supawarman pada wartawan dikantornya,  Senin (1/4) mengatakan, sesuai Rencana ditahun 2020 akan dibangun commad center. Dengan dibangunnya pusat kendali pelayanan ini tentunya akan sangat mempermudah dan mempercepat pemberian pelayanan khusus emergenci pada masyarakat membutuhkannya.

Dengan dibangunnya pusat kendali informasi ini nantinya masyarakat hanya menghubungi nomor 112 sudah dilouncing sebelumnya kemudian laporan disampaikan akan otomatis langsung diteruskan ke pihak-pihak terkait.

Contoh bila terjadi kebakaran,  maka masyarakat bisa langsung menghubungi nomor 112 lalu diteruskan ke command center akan meneruskan ke OPD terkait,  seperti ke pemadam kebakaran,  polisi maupun sat Pol PP.  Dengan demikian kebakaran terjadi akan cepat diatasi,  pun informasi warga membutuhkan layanan mobil ambulan sama akan lebih cepat.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Dengan dibangunnya command center akan dapat terpantau langsung oleh Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bima. Jika   terlambat direspon kepala daerah akan mengetahuinya.

Namun untuk membangun itu semua kata Supawarman, membutuhkan komitmen dan anggaran besar. “Butuh anggaran dan ruangan dan alat alat lengkap untuk merealisasikannya,” terangnya.

Pusat kendali akan dibangun langsung di kantor Wali Kota dan dibutuhkan perangkat komputer dan server besar termasuk  SDM. Dismaping sarana infrastruktur pendukung diseluruh OPD terkait.

Namun untuk tahap awal sudah dimulai dengan diluncingnya nomor darurat 112. Kedepan perlu dilakukan integrasi sistem ke seluruh OPD.  Jika 112 sudah disosialisasikan, tujuannya untuk menuju pembangunan command center 2020. Ditahun 2019 ini akan dimaksimalkan pelatihan SDM bagi petugas di tingkat OPD.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Dengan demikian, kata dia, apa yang jadi bagian rencana pembangunan Walikota kedepannya untuk Kota Bima akan dapat dicapai. Untuk layanan command center ini, di NTB baru dua daerah sudah mulai melakukan pembangunan, yaitu Kota Mataram dan Kota Bima. “Apa menjadi agenda pimpinan tentunya kita siap jalankan,” tegasnya. (DED)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Bima menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Tenaga Informasi dan Teknologi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kota...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Launching pusat kendali Informasi Tehnologi Comand Center Kota Bima terpaksa ditunda hingga awal Maret. Alasannya karena salah satu tim ahli terkonfirmasi...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Mendukung upaya maksimalnya pelayanan  masyarakat serta verifikasi pembayaran Tukin tahun 2021, Pemkot Bima melalui Dinas Komunikasi, informatika dan Statistik (Diskominfotik) akan...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Wilayah Kota Bima yang tidak bisa akses jaringan (blank spot), hingga tahun 2021 tidak dianggarkan oleh Kementrian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) karena...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Sesuai Perda 9 tahun 2020 tentang  Perubahan atas Perda Kota Bima 5 tahun 2016 tentang pembentukan susunan perangkat daerah Kota Bima....