Connect with us

Ketik yang Anda cari

NTB

Kepala Dinas di NTB Diminta Aktif Pantau Aplikasi “NTB Care”

Salah satu contoh laporan warga.

Mataram, Bimakini.- Sepekan memasuki libur dan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 Hijriyah, 1-7Juni 2019 lalu, Pemerintah Provinsi NTB melalui aplikasi layanan pengaduan “NTB Care”, menerima sedikitnya 21 pengaduan dan keluh kesah dari berbagai elemen masyarakat di pelosok NTB.

Terhadap berbagai pengaduan dan keluh kesah masyarakat tersebut, Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, meminta para Kepala Perangkat Daerah Provinsi NTB untuk “care”  merespon dan menangani pengaduan masyarakat.

Para Kepala Dinas diminta Gubernur, agar aktif memantau aplikasi “NTB Care” yang mudah dilihat pada mobile phone masing-masing. Kemudian keluh kesah tersebut, agar direspon dan ditangani dengan baik. “Esensi dari kehadiran pemerintah bagi masyarakat adalah untuk melayani. Karenanya, keluh kesah masyarakat tidak boleh dibiarkan berlalu begitu saja,” tegas Gubernur.

Dikutip dari situs Kominfotik NTB, pengaduan yang masuk itu datang dari berbagai daerah di NTB. Dari Monta, Dompu, misalnya. Inak Juji, 65 tahun, mengadu kepada Gubernur dan Bupati Dompu, tentang penderitaannya sejak 3 tahun terakhir karena penyakit kanker yang menggerogoti bibirnya. Karena ketiadaan biaya, ia mengaku hanya berobat seadanya. Karena itu, melalui “NTB Care”, ia memohon kepada Gubernur dan Pemkab Dompu untuk memberikan bantuan dana.

Sempat ada klarifikasi dari admin “NTB Care” bahwa hasil koordinasi Dinas Kesehatan NTB dengan Dokter Puskesmas setempat, diketahui bahwa yang bersangkutan sudah pernah dirujuk dan mendapat layanan medis di RSU Sanglah Bali, dengan fasilitas pengobatan gratis melalui Kartu JKN. Yang bersangkutan dijelaskan, meminta pulang secara paksa, dengan alasan desakan sosial ekonomi keluarga. Sebagai warga yang tergolong pra sejahtera, kiranya dapat dimaklumi. Karena menjadi simalakama bagi keluarga lain, jika harus kehilangan penghasilan untuk fokus mengurusnya berobat jauh di Bali. Karena itu, keluarga akhirnya lebih memilih memulangkan secara paksa  dan saat ini hanya mendapatkan perawatan dan pemantauan medis dari puskesmas setempat. Terlebih lokasi rumahnya sangat dekat dengan puskesmas.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Tentang keluhan Inak Juji dari Dompu itu, meskipun sudah mendapat penanganan dari Dikes terkait penyakitnya, Gubernur NTB tetap meminta instansi terkait lainnya, yakni Dinas Sosial NTB dan Pemkab Dompu untuk berkoordinasi menangani pada aspek -aspek yang bersentuhan dengan masalah sosial ekonominya. Termasuk terus melakukan pendekatan edukasi dan pemberdayaan kepada masyarakat agar mampu memenuhi kebutuhan sosial ekonominya secara lebih baik.

“Dalam kasus ini, mudah-mudahan pengobatan medis dengan fasilitas JKN yang telah disediakan, akan dilanjutkan lagi,” harap Gubernur.

Demikian pula dengan keluh-kesah warga lainnya yang disampaikan di “NTB Care”, Gubernur NTB mengingatkan  kepada seluruh pemangku amanah terkait, agar memberi perhatian yang serius untuk merumuskan strategi dan solusi yang konkrit dalam mengatasinya. Paling minimal, kata Gubernur, laporan itu dijadikan bahan masukan untuk merumuskan program penanganan lebih lanjut.

Aduan lain yang masuk, terkait kerusakan infrastruktur jalan misalnya, menurut Gubernur, keluh kesah masyarakat seperti ini sangat penting diakomodir sebagai bahan dalam perumusan kebijakan, penyusunan program dan anggaran pembangunan jalan pada tahun-tahun mendatang. “Terlebih saat ini, Pemprov NTB bersama DPRD sedang membahas Perda pembangunan jalan melalui pola pembiayaan tahun jamak,” jelas Gubernur.  (PUR)

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Kominfotik) Provinsi NTB bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Bima menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Admin...

NTB

Mataram, Bimakini.- NTB Care kini hadir di Nusa Tenggara Barat. Hal itu mendapat apresiasi dari Wakil Gubernur (Wagub) NTB, Dr Hj Sitti Rohmi Djalilah....