Peristiwa

Jumlah Qurban Tahun ini di Rasabou Meningkat

Bima, Bimakini.-  Jika dibanding tahun sebelumnya, jumlah Sapi dan Kambing Qurban di Desa Rasabou Kecamatan Bolo meningkat. Hal itu setelah didata oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) setempat pada saat pelaksanaan Qurban di setiap titik yang ada di desa setempat.

Ketua BPD Rasabou, Syarifudin, AMd, mengatakan, sesuai pendataan yang dilakukan pihaknya di lapangan usai Shalat Idul Adha, total Sapi dan Kambing sebanyak 27 ekor. “Jumlah ini berbeda jauh saat pelaksanaan Qurban tahun sebelumnya. Yakni tidak pernah mencapai 20 ekor,” tutur Syarifudin.

Jika dirincikan, jumlah Sapi Qurban tahun ini sebanyak 17 ekor dari setiap dusun yang ada di desa setempat. Lanjutnya, Dusun La Kaba tiga ekor, Dusun Kancobo Limbi empat ekor, Dusun Kamasi tujuh ekor dan Dusun Ina Sangari tiga ekor. “Dusun terbanyak yang Qurban Sapi tahun ini yakni Dusun Kamasi. Sedangkan Dusun Nggaro Lembo tidak ada,” ujarnya.

Untuk Kambing, kata dia, di wilayah Dusun La Kaba sebanyak dua ekor, Dusun Kancobo Limbi tiga ekor, Dusun Kamasi satu ekor, Dusun Ina Sangari dua ekor dan Dusun Nggaro Lembo dua ekor. “Total Kambing yang di Qurbankan tahujn ini sebanyak 10 ekor,” jelasnya.

Diungkapkannya, karena tidak ada panitia khusus, pembagian daging Qurban dilakukan oleh masing masing pemilik hewan ternak yang diqurbankan. “Insya Allah pembagian merata karena jumlah daging Qurban tahun ini sangat banyak,” ujarnya.

Dirinya berharap, tahun berikutnya tidak berbeda jauh dengan saat ini, sehingga warga miskin yang ada di desa setempat tetap kebagian daging Qurban. “Insya Allah pada pelaksanaan Hari Raya Qurban tahun depan, kita akan bentuk panitia khusus sehingga pembagian betul betul merata,” pungkasnya. (KAR)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 51
    Shares
To Top