Pendidikan

Matikan HP Saat Bersama Anak dan Keluarga

Ilustrasi

Kota Bima, Bimakini.- Keberadaan Handphone terlebih yang namanya smartphone atau HP pintar pada zaman now, ternyata mampu membuat semua jadi berubah. Sebagian orang bahkan berkata, dampaknya adanya smartphone mampu membuat suasana dan hubungan menjadi jauh meskipun tengah dekat bersama, demikian pun sebaliknya.

Untuk itu seorang Kasubdit Peserta Didik Direktorat Pembinaan SMP pada Kemendikbud RI, Maulani Mega Hapsari menyarankan agar mematikan barang yang namanya HP jika saat bersama keluarganya.

“Apalagi saat bersama anak ya, harus benar-benar konsen. Jangan sampai menganggu dan lebih konsen dengan HP dari pada anak,’’ ingat Maulani menjawab Bimakini.com, Kamis (22/8).

Karena dikuatirkan Maulani dampak memegang HP saat bersama anak akan membuat suasana keluarga berubah dan rusak. Dampaknya pun bongkarnya, anak akan menjadi lebih cuek dan berpikir sebaliknya. ‘’Lebih sayang HP dari pada anak dan keluarganya,’’ tegasnya.

Jika pun orangtua seenaknya bermain HP atau smartphone saat bersama anak dan keluarganya, kedepan tidak boleh protes jika sebaliknya yakni anak dan keluarga lainnya lebih sibuk memencet HP saat bersama.

Karena diingatkan Maulani waktu bersama dengan anak dan keluarga sangatlah mahal terlebih yang jarang memiliki waktu dan keluarganya atau yang sibuk dengan pekerjaan dan aktifitasnya.

Kepada orang tua juga anjur maulina, pemberian HP terlebih jenis smartphone kepada anak sebaiknya dibatasi. Kecuali dengan kebutuhan-kebutuhan tertentu saja. ‘’Boleh diberikan tapi dengan catatan. Apalagi bebas memberikan, jangan. Usia anak juga harus dilihat dan benar-benar dibatasi,’’ anjurnya. (IQO)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 64
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top