Peristiwa

Semarakan HUT RI, Warga Rasabou Gelar Berbagai Lomba

Bima, Bimakini.- Semarak perayaan HUT ke 74 RI Tahun 2019 berbeda dengan tahun sebelumnya. Untuk mengisi momentum hari bersejarah tersebut, warga RT 05 RW 03 Desa Rasabou Kecamatan Bolo Kabupaten Bima menggelar berbagai lomba. Sederet lomba yang diadakan warga yakni lomba Balap Bakiak, Estafet Air Bascom, Balap Karung, Makan Kerupuk dan Tarik Tambang. Kegiatan tersebut dilakukan selama dua hari yakni Ahad (18/8) dan Senin (19/8).

Ketua Panitia Lomba perayaan HUT ke 74 RI, Asikin, AR, menyampaikan, kegiatan ini sengaja dilakukan untuk meramaikan suasana HUT RI. Karena dengan kegiatan seperti ini kita bisa meluapkan perasaan suka maupun duka untuk mengenang jasa para pahlawan. “Kegiatan seperti ini rutin dilakukan setiap HUT RI. Hanya saja tahun dilaksanakan selama dua hari,” tutur Asikin.

Dalam lomba ini, lanjut Asikin, para peserta tidak menuntut hadiah yang didapat karena semua peserta dalam mengikuti lomba mengedepankan kebersamaan dalam memeriahkan HUT RI. “Walau pun hadiah tidak banyak yang didapat. Mereka sangat antusias mengikuti lomba ,” terangnya.

Kategori dalam setiap mata lomba, jelasnya, untuk lomba makan kerupuk diikuti oleh anak anak, lomba Balap Bakiak untuk remaja dan Ibu ibu. Sedangkan untuk lomba Balap Karung diikuti oleh semua usia. “Khusus lomba Estafet Air Bascom hanya diikuti oleh Ibu ibu,” tuturnya.

Salah satu warga setempat, Muhammad, mengatakan, kegiatan seperti ini harus dilestarikan untuk mengenang jasa para pahlawan. “Kegiatan ini bukan sekedar serimonial. Tapi ada makna yang tersirat di dalamnya,” jelas Muhammad.

Dirinya berharap, kegiatan ini tetap dilakukan pada momentum HUT RI tahun depan. Bila perlu kata dia, harus diselenggarakan lebih semarak lagi yakni harus ditambah dengan jenis kegiatan lainnya. “Semoga kegiatan ini bisa dilaksanakan pada HUT RI tahun depan. Sehingga kekompakan dan kebersamaan tetap terjaga,” tutupnya. (KAR)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 14
    Shares
To Top