Connect with us

Ketik yang Anda cari

Hukum & Kriminal

Selama 2019, PA Bima Tangani 2.447 Kasus Perceraian

ilustrasi

Kota Bima, Bimakini.- Berdasarkan data Pengadilan Agama (PA) Bima, tahun 2019,   ada sebanyak 2.447 gugatan perceraian. Mirisnya angka tersebut setiap tahun terus bertambah.

Alasannya pun beragam, baik masalah ekonomi,  perselisihan, perselingkuhan dan juga lama ditinggalkan oleh salah satu pasangan yang pergi kerja ke luar negeri. Faktor perselisihan pun menjadi penyebab paling terjadinya perceraian.

Panitera Muda Hukum Pengadilan Agama Negeri Bima, Arifudin Yanto menyampaikan, dari catatan yang ada, terdapat 2.447 perkara yang masuk. Baik perkara cerai gugat, cerai talak, perkara harta warisan serta perkara lainya.

Untuk perkara cerai gugat atau cerai yang diajukan istri sebanyak 1.589 kasus. Sedangkan cerai talak atau cerai yang diajukan oleh suami sebanyak 382 kasus.

“Dari jumlah cerai talak dan cerai gugat yang masuk, hanya 1.469 yang sudah selesai disidangkan,” terangnya.

Kata Yanto, selain perceraian yang diakibatkan perselisihan, meninggalkan pasangan selama 2 tahun berturut-turut juga menjadi faktor perceraian pada tahun 2019 yang mencapai 415 kasus.

“Karena sesuai aturan hukum, bagi pasangan yang ditinggalkan selama 2 tahun berturut-turut maka bisa langsung mengajukan perceraian,” ungkapnya. (DED)

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Dompu, Bimakini. – Berkas pengajuan permohonan Peninjauan Kembali (PK) oleh ibu rumah tangga, Emi Hidayati., atas putusan perkara nomor : 0790/Pdt.G/2016/PADpu., perihal pembagian harta...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Sidang cerai talak yang digelar Pengadilan Agama (PA) Bima pada Senin (21/6/2021) lalu, dinilai termohon, Arabiah Usman tidak adil. Pasalnya, pada sidang...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Pengadilan Agama (PA) Bima menggelar sidang keliling untuk semua perkara. Namun, kali ini PA Bima hanya menyelenggarakan sidang perceraian di Kantor KUA...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.-  Angka penceraian di Kota dan Kabupaten Bima cukup tinggi.  Dalam kurun waktu dua tahun terakhir yakni 2017-2018, tercatat peningkatan perkara perceraian...