Connect with us

Ketik yang Anda cari

Ekonomi

BUMDes Motor Penggerak Roda Ekonomi Desa

Wabup Bima, H Dahlan saat berkunjung di Rupe.

Bima, Bimakini.- Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) merupakan motor penggerak roda ekonomi desa. Apapun usahanya harus mampu dioptimalkan dengan baik, terutama pemasaran produk lokal.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Bima, Drs. H. Dahlan H. M. Noer, M. Pd, saat mengunjungi BUMDes Desa Rupe, Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima, Sabtu (8/2).

Dalam Kunjungannya, Wakil Bupati Bima, didampingi anggota DPRD Kabupaten Bima Nukrah, Camat Langgudu, Rijal Mukhlis, SE.

Menurutnya, BUMDes yang sudah memiliki modal, jika dimanfaatkan dengan baik, didukung SDM, maka dapat dipastikan akan mengalami perkembangan cepat. “Kita harus pandai melihat potensi usaha yang memiliki prospek kedepan, baik untuk saat ini dan dimasa yang akan datang,” pesannya.

Dia juga menambahkan, dengan lahirnya Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang desa, menempatkan desa pada posisi penting dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), sekaligus menjadi wujud pengakuan dan penghormatan atas desa dengan segala keberagamannya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Saya meminta agar Pemerintah Desa bersama Pemerintah Kecamatan secara rutin melakukan pembinaan dan pemantauan terkait perkembangan usaha Bumdes di tiap-tiap Desa yang ada di Kecamatan Langgudu, juga Kecamatan lain,” katanya.

Dahlan meminta, Pemerintah Desa bersama Pemerintah Kecamatan dapat melakukan koreksi dan langkah-langkah strategis yang diperlukan serta menjadikan motivasi bagi para pengurus.

“Melalui spirit usaha BUMDes dapat dinikmati oleh masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan seluruh masyarakat,” harapnya. (MAN)

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Pelatihan Desa Wisata Angkatan III Kecamatan Wawo di Lengge Nae Wawo 8-10 September 2021 berakhir. Atraksi keseninan tradisional dari Desa Ntori Adu...

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Ada kabar baik bagi pengurus Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di Kabupaten Bima. Mereka bisa bersaing dengan lembaga lain agar bisa meningkatkan...

Ekonomi

Dompu, Bimakini. – Rapat penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Mangge Asi, Kecamatan Dompu tahun anggaran 2021, Kamis (25/02) pagi berlangsung alot. Hal...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Dinilai bandel Pengurus BUMDes Woro Kecamatan Madapangga dilapor ke polisi oleh Kepala Desa (Kades) setempat, Selasa (12/1/2021). Laporan tersebut dengan perihal lantaran...

NTB

Mataram, Bimakini.- Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, mendampingi Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar, menghadiri Sosialisasi Permendes Nomor 13 Tahun...