Ekonomi

BUMDes Motor Penggerak Roda Ekonomi Desa

Wabup Bima, H Dahlan saat berkunjung di Rupe.

Bima, Bimakini.- Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) merupakan motor penggerak roda ekonomi desa. Apapun usahanya harus mampu dioptimalkan dengan baik, terutama pemasaran produk lokal.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Bima, Drs. H. Dahlan H. M. Noer, M. Pd, saat mengunjungi BUMDes Desa Rupe, Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima, Sabtu (8/2).

Dalam Kunjungannya, Wakil Bupati Bima, didampingi anggota DPRD Kabupaten Bima Nukrah, Camat Langgudu, Rijal Mukhlis, SE.

Menurutnya, BUMDes yang sudah memiliki modal, jika dimanfaatkan dengan baik, didukung SDM, maka dapat dipastikan akan mengalami perkembangan cepat. “Kita harus pandai melihat potensi usaha yang memiliki prospek kedepan, baik untuk saat ini dan dimasa yang akan datang,” pesannya.

Dia juga menambahkan, dengan lahirnya Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang desa, menempatkan desa pada posisi penting dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), sekaligus menjadi wujud pengakuan dan penghormatan atas desa dengan segala keberagamannya.

“Saya meminta agar Pemerintah Desa bersama Pemerintah Kecamatan secara rutin melakukan pembinaan dan pemantauan terkait perkembangan usaha Bumdes di tiap-tiap Desa yang ada di Kecamatan Langgudu, juga Kecamatan lain,” katanya.

Dahlan meminta, Pemerintah Desa bersama Pemerintah Kecamatan dapat melakukan koreksi dan langkah-langkah strategis yang diperlukan serta menjadikan motivasi bagi para pengurus.

“Melalui spirit usaha BUMDes dapat dinikmati oleh masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan seluruh masyarakat,” harapnya. (MAN)

Share
  • 32
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.

Bimakini.com adalah portal berita Bima Dompu Terkini. Bagian dari Bimeks Group.

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 46 BTN Penatoi Kota Bima, NTB Tlp: 0374-646840, 08233-9031009, 0853-33143335, 0852-53523401. E-mail: info[at]bimakini[dot]com

APLIKASI ANDROID

Fanpage

Copyright © 2016 Bimakini.com. Portal Berita Bima Terkini.

To Top