Connect with us

Ketik yang Anda cari

NTB

Kota Bima Paling Layak Terapkan “New Normal” di NTB

Gubernur NTB bersama Kapolda dan Kejati NTB.

Kota Bima, Bimakini.- Dilihat dari progres penanganan dan pengendalian kasus penularan wabah Covid-19, Kota Bima dinilai sebagai daerah pertama dan paling layak untuk menerapkan fase new normal di NTB. Selain jumlah kasus warganya yang positif Covid-19 paling kecil di NTB, juga pemerintah daerah melalui gugus tugas bersama TNI, Polri, Tenaga Kesehatan dan seluruh masyarakatnya telah bekerja sama sangat baik untuk melakukan pencegahan. Sehingga korban dapat diminimalkan dan penularannnya pun tidak meluas.

“Daerah kedua adalah Kabupaten Bima dan disusul Kabupaten Dompu, yang juga telah menunjukkan progres yang baik dalam melakukan penanganan dan pencegahan pandemi Covid- 19, sehingga ketiga daerah diujung timur Provinsi NTB ini sudah harus mempersiapkan diri memasuki new normal, dengan cara memenuhi seluruh kreteria new normal yang ditetapkan pemerintah,” kata Gubernur NTB, Dr. Zulkieflimansyah, saat mengawali rangkaian kunjungannya di Pulau Sumbawa bersama Forkompinda NTB didampingi sejumlah pejabat lingkup Pemprov NTB, dimana diawali pertemuan di Mapolres Kota Bima, kemudian Polres Kabupaten Bima dan Polres Dompu, Kamis (4/6/2020).
Dilihat dari kriteria dan persyaratan new normal yang ditentukan pemerintah, saat ini memang NTB belum ada daerah yg memenuhi kriteria. Tapi jika mampu memenuhinya mungkin Kota Bima yang terdepan dan paling layak.

Dihadapan prajurut TNI, Polri dan Forkompinda di ketiga daerah itu, Gubernur yang akrab disapa Doktor Zul, juga mengingatkan bahwa meski progres penanganan Covid sudah baik, namun ia meminta kepada seluruh masyarakat untuk tidak lengah. “Kita harus tetap menerapkan protokol pencegahan Covid-19 dengan baik dan berkelanjutan sesuai dengan standar yang ditetapkan. Sebab kalau lengah atau tidak disiplin, virus ini bagi warga yang imunitas tubuhnya baik, sepertinya tidak menimbulkan masalah yang besar.

“Tubuhnya sehat tidak menunjukan gejala, tapi membawa virus corona dan ini memberikan efek yang berat dan sangat berbahaya bagi masyarakat yang tergolong rentan, seperti para orang tua, para bayi dan balita serta warga yang memiliki penyakit bawaan lain,” katanya.

“Disiplin dengan menerapkan protokol pencegahan dan memutus mata rantai Covid-19, kunci menuju The New Normal,” pesan Gubernur.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

New Normal tersebut pada dasarnya khasanah adab dan budaya lokal masyarakat kita. Mengembalikan budaya hidup bersih. Seperti cuci tangan, adab bersin dan lainnya. “Kita akan kembali ke situ,” tegasnya.

Gubernur juga berpesan agar sinergi dan kebersamaan yang ditunjukan oleh Forkompinda NTB dalam membangun NTB kedepan terus dipupuk juga di Kabupaten/Kota se NTB.

Kapolda NTB, Irjen Muhammad Iqbal, memohon dukungan dan kerjasama seluruh masyarakat untuk saling menguatkan dalam menjalankan tugas dan amanah yang diemban masing-masing.

Mantan Divisi Humas Polri RI ini juga berpesan kepada TNI/Polri agar mengutamakan penyelesaian masalah dengan pendekatan persuasif. “Yang paling mulia adalah menjalin silaturrahmi dan sentuh hati masyarakat,” kata Kapolda. PUR

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

NTB

Kota Bima, Bimakini.- Gubernur NTB, Dr H Zulkieflimansyah  menyebut dari seluruh Kabupaten/Kota, di Bima lah yang paling banyak balihonya. “Saat masuk ke Kota Bima,...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Gubernur NTB melakukan roadshow dan talkshow dengan lembaga pemerintah Kabupaten Dompu, lembaga keuangan dan lembaga mitra dengan tema sinergitas pengembangan SDM...

Peristiwa

Dompu, Bimakini. – Kehadiran Gubernur NTB yang melakukan roadshow dan talkshow dengan lembaga pemerintah Kabupaten Dompu, lembaga keuangan dan lembaga mitra dengan tema sinergitas...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Pemerintah Kabupaten Dompu telah berhasil menerapkan dan mendeklarasikan 3 (tiga) Pilar STBM. Ketiga pilar itu diantaranya, tidak buang air besar (BAB)...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Dinilai berhasil menerapkan dan mendeklarasikan 3 (tiga) Pilar STBM, yakni Pilar tidak buang air besar (BAB) sembarangan (Stop BABS), mencuci tangan...