Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Pandemi Covid19, Dinas PUPR Hanya Kerjakan Sembilan Ruas Jalan

Kadis PUPR Kabupaten Bima, Ir H Nggempo, MMt

Bima, Bimakini.- Dampak pendemi Covid – 19, banyak kegiatan pembangunan pemerintah yang ditunda dalam tahun anggaran 2020. Seperti halnya dirasakan Dinas PUPR Kabupaten Bima. Di tahun 2020 hanya mengerjakan peningkatan sembilan ruas jalan dan satu program tata ruang.

“Untuk pelaksanaan kegiatan tahun anggaran 2020, banyak pelaksanaan kegiatan ditunda sesuai dengan amanat pemerintah pusat, karena ada wabah covid 19,” jelas Kadis PUPR Kabupaten Bima, Ir H Nggempo, MMt, Rabu (17/6).

Dia mengaku, Pemerintah Kabupaten Bima di bawah kepemimpinan Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri, SE dan Wakil Bupati Bima, Drs H Dahlan M Noer, MPd, telah merancang banyak peningkatan ruas jalan yang menjadi kewenangan Pemda Bima.

“Sebagian besar anggaran diarahkan untuk penanganan Covid, bukan cuma tingkat daerah tapi memang secara Nasional, hal itu  ditunjukkan dengan lahirnya PMK Nomor 35 dan keluarnya SKB Mendagri,” jelasnya.

Lanjut dia, terkait dengan SKB Nomor 10 tahun 2020, project jalan di PUB di tahun 2020, meliputi kegiatan pembangunan peningkatan jalan yang bersumber dari dana DAK. “Kenapa bisa berjalan, karena sesuai dengan amanat dari PMK Nomor 35, semua kegiatan yang sudah dilaksanakan proses tender dan diinput laporannya dalam Ospan Kemenkeu, maka tetap dilaksanakan, itulah sembilan ruas jalan dikerjakan tahun ini,” jelasnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Namun bagi kegiatan-kegiatan yang bersumber dari DAK yang belum di tender belum dikontrak belum terlapor dalam ospan sesuai dengan batas waktu.

“Apabila belum dalam proses tender maka proses pengadaan barang jasanya dihentikan dan ditunda,” katanya.

“Tapi ketika belum dilaksanakan, artinya ditarik kembali oleh pemerintah pusat untuk kepentingan penanganan covid,” jelasnya.

Kata dia, sembilan peningkatan ruas jalan dan satu program tata ruang itu ditender sebelum Covid19. “Sembilan program ini sedang berjalan, sesuai dengan petunjuk pelaksana dan petunjuk tehnik,” katanya. (MAN)

Iklan. Geser untuk terus membaca.
Bagikan berita

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri, SE, mengingatkan jajaran Dinas PUPR Kabupaten Bima memerhatikan kualitas infrastruktur harus benar-benar ditingkatkan. Langkah ini harus...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Awali  hari pertama kerja di tahun 2023, Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE memimpin apel  di Dinas PUPR. Bupati didampingi Asisten...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.-  Dari embilan yang dikerjakan Pemerintah Kabupaten Bima melalui Dinas PUPR, telah menyelesaikan dua ruas jalan yang bersumber dari dana DAK tahun 2020....

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bima, mengusulkan perbaikan empat ruas jalan dipembahasan APBD P 2020. “Kita sudah usulkan perbaikan empat...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bima, berhasil menjadi yang terbaik pada lomba video expose kinerja berbasis teknis pembangunan. Lomba...