Connect with us

Ketik yang Anda cari

NTB

Aplikasi Siaga NTB, Wadah Edukasi Kebencanaan bagi Masyarakat

Mataram, Bimakini.- Wakil Gubernur NTB, Dr. Sitti Rohmi Djalilah, mengharapkan aplikasi Siaga NTB menjadi wadah edukasi kebencanaan bagi masyarakat agar dapat mengetahui apa saja jenis bencana, bagaimana penanggulangan dan melaporkan titik terjadinya bencana.

“Kita harus memberikan edukasi kepada masyarakat melalui aplikasi ini. Ketika membuka aplikasinya masyarakat paham dengan kebencanaan dan apa yang akan mereka lakukan selanjutnya” tegas Wagub saat rapat aplikasi Siaga NTB bersama dengan Asisten III, BPBD NTB, Dinas Kominfotik NTB, Bappeda NTB dan DPMPD Dukcapil NTB, di Pendopo Wagub NTB, Senin (22/2/2021).

Aplikasi Siaga NTB yang nantinya akan terkoneksi dengan Kabupaten/Kota sehingga masyarakat seluruh NTB dapat dengan sigap melaporkan berbagai kejadian kebencanaan yang ada di sekitarnya, sehingga misi “NTB Tangguh Bencana” dengan cepat terealisasi.

“Seluruh kepala desa nanti akan menginformasikan kepada warga desa untuk menginstal aplikasi siaga, agar masyarakat dari berbagai penjuru desa dapat ikut serta melaporkan” tuturnya.

Wagub juga menghimbau agar masyarakat dapat memanfaatkan aplikasi siaga NTB selayaknya buku pintar sehingga informasi kebencanaan dapat dipelajari selengkap-lengkapnya.

“Masyarakat desa kabupaten kota menjadi tidak awam terhadap bencana dan paham sehingga apa yang akan dilakukan pada saat bencana terjadi dapat dilakukan seperti misalnya terjadi gempa maka sudah tersedia sop apa yang harus dilakukan, titik kumpul dan sebagainya,” tuturnya. PUR

Share
Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait