Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Soal Tukin, Wali Kota Bima : Jika tidak  Paham, Itu Kedunguan Tentang Kinerja

H Muhammad Lutfi, SE

Kota Bima, Bimakini.- Wali Kota Bima, H Muhammad Lutfi, SE menilai,  jika ada ASN atau siapapun yang tidak paham tentang Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) atau Tukin adalah kedunguan tentang kinerja.

Hal itu menanggapi pihak yang  masih memertayakan tentang Tukin yang menurutnya menjadi salah satu indikator pelayanan publik kedepannya.

Dijelaskan mantan anggota DPR RI dua Periode ini, tukin dapat mendorong kinerja ASN. Jika  ada ASN tidak mampu bekerja dengan baik, absensi kurang dan kinerja  tidak maksimal, maka nantinya tidak mendapatkan tunjangan.

Tambah Wali Kota Bima, jika selama ini anggaran  kurang lebih Rp 69 Miliar setiap tahun hanya dinikmati segelintir orang. Dengan penerapan tukin ini, anggaran dimaksud akan dinikmati oleh semua ASN tanpa pengeculaian.

“Kalau ada mengatakan Tukin itu mengurangi etos kerja itu,  karena kedunguan, justru orang dungunya mengatakan itu. Justru tukin dapat mendorong kinerja pegawai, karena kalau kinerjanya kurang tidak akan mendapatkan tukin 100 persen,” tegas Wali Kota Bima.

Lanjutnya, dengan tukin, maka sudah tidak ada lagi anggapan tempat kerja basah atau kering. Karena semua pegawai akan mendapatkan hak sama sesuai indikator penilaian kinerja masing-masing pegawai.

“Kalau ada mengatakan tukin ini dikembalikan ke honor, itu ini orang bodoh, tak mengerti tetang birokrasi, kalau ada birokrasi seperti itu, birokrasi yang tidak punya rasa kepedulian terhadap sesama asn,” pungkasnya.

Tukin ini dua patokannya, absensi dan kinerja. Kalau malas masuk kerja  tukinnya berkurang. Sementara selama ini dengan honor kegiatan antarabyang malas dan rajin sama dapat honor. kalau tukin Logika yang di bangun, kalau tak bekerja tak mendapatkan apa-apa.

“Saya sendiri saja kehilangan honorer besar, kalau kepala daerah inginkan dapat uang banyak dari honor lebih baik tidak menerapkan Tukin karena tinggal tandatangan dapat uang,” ungkapnya.

Namun karena ingin pemerintah ini berjalan lebih bersih dan lebih baik, tukin menjadi keharusan untuk mendorong kinerja asn. (BE06)

Iklan. Geser untuk terus membaca.
Share
  • 185
    Shares
Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Wali Kota Bima, H Muhammad Lutfi, SE,  menyampaikan telah melayangkan protes ke pemerintah Provinsi NTB terkait dengan status Kota Bima zona...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Kota Bima rupanya kembali ditetapkan zona merah penyebaran corona virus desease 2019 (Covid19). Namun pelebelan itu mendapat reaksi dari Pemerintah Kota...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Wali Kota Bima H Muhammad Lutfi, mendesak agar penegakan hukum di wilayah Kota Bima terus ditingkatkan. Terlebih di tengah Pandemi Covid_19....

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Wali Kota Bima, H Muhammad Lutfi melantik dan mengambil sumpah pejabat tinggi pratama dan pejabat administrator lingkup Pemkot Bima Acara digelar...