Connect with us

Ketik yang Anda cari

Opini

Festival Rimpu Mantika Political Wiil Pemerintah Kota Bima Di Hari Ulang Ke 22

Suasana Peserta Pawai Rimpu saat di halaman Kantor Wali Kota Bima.

Oleh : Munir Husen

Dosen Universitas Muhammadiyah Bima

Ada yang beda di hari ulang tahun Kota Bima 2024, bukan pada aspek subtansi rimpunya, melainkan pada aspek political wiil Pemerintah daerah kota Bima tetap konsisten mempertahankan festifal budaya Rimpu.

Gema budaya rimpu yang membahana pernah meraih rekor MURI di tahun 2023, pawai rimpu terpanjang memadati ruas jalan protokol dari arah Barat menuju arah Timur pusat kegiatan di kantor wali Kota Bima.

Saat ini, pesona rimpu masuk nominasi Kalender Karisma Nusantara (KEN) Kementrian pariwisata dan Ekonomi krafatif RI Tahun 2024. Prestasi tidak diraihdengan cara sim salabim namun melalui proses panjang Dinas Pariwisata Kota Bima yang menjadi leding sektor.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Sifat progersif Pj. Walikota Bima HM. Rum meneruskan festival dengan terminologi rimpu mantikauntuk mengekspresikan budaya rimpu sebagai pakaian budaya Bima yang perlu dilestarikan perlu didudukung dan diapresiais.

Pj. Walikota Bima tetap mempertahankan eksistensi pesona rimpu mantika sebagai bentuk political wiil Pemerintah Kota Bima agar budaya rimpu tidak berada pada pada zona lorong-lorong keterisolasian budaya.

Coloboratif political will pemerintah Kota Bima dengan antusias masyarakat menyambut festival budaya rimpu menjadi modal utama, perlu dijaga dan dirawat.

Terbangun pada cara pandang yang sama, tujuan yang sama sehingga pesona festival rimpu mantika memiliki nilai sakral religi dan budaya sulit dilupakan oleh masyarakat.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Didalam mempertahankan eksistensi budaya rimpu,campur tangan Pekot Bima sebagai regulator, dalamoptimalisai kegiatan budaya rimpu menjadi keniscayaan. Apalagi event rimpu mantika ini akan dihadri langsung oleh Menteri pariwisata dan Ekonomi krafatif RI.

Ulang tahun Kota Bima ke 22 dengan festival RimpuMantika sudah pasti disambut antusias olehmasyarakat. Keunikan Rimpu ini memiliki khasan tersendiri tidak dimiliki budaya daerah lain serta tidak tertelan jaman.

Saat ini, budaya rimpu terus dilakukan promosi wisata oleh Pemerintah Kota Bima dengan mengikuti event-event wisata agar sektor wisata dapat menarik wistawan domestik dan wisatawan manca negara sebagai salah miniatur budaya Bima.

Banyak hal yang bisa dilakukan oleh dinas Pariwisata Kota Bima untuk melakukan ekspansi terhadap budaya rimpu agar budaya rimpu lebih menggema lagi dalam rangka untuk mendukung destinasi wisata Kota Bima.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Disamping itu, festival budaya rimpu mantika dapat memberi kotribusi pada daerah yaitu menggerakan sektor riil ekonomi masyarakat, menjadi aset destinasi pariwisata Bima sebagai pelengkap pariwisata.

Hanya saja yang menjadi pertanyaan publik setelah kepala derah terpilih nanti apakah akan meneruskan jejak budaya rimpu atau tidak, ini yang menjadi pertanyaan warga Kota Bima pada pemerintahan baru 2024.

Allahul Mus’taan

Fastabiqul khairat.

Iklan. Geser untuk terus membaca.
Bagikan berita

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mengajak masyarakat untuk menyukseskan Festival Rimpu yang akan dilaksanakan di Kota Bima, 27...

Opini

Oleh : Munir Husen Dosen Universitas Muhammadiyah Bima   Pembangunan Masjid Agung Al Muwahidin awalnya inisiatif mantan Bupati Bima Drs. H. Zainul Arifin (Abu...

Opini

Oleh : Munir Caleg PKS Dapil III Asakota   Kunjungan Pj. Walikota Bima dengan pejabat OPD 15 Januari 2024 di Istana Wapres diterima oleh...

Opini

Oleh : Munir (Caleg PKS Dapil III Asakota) Pemilu adalah pelaksanaan kedaulatan rakyat untuk memilih anggota DPR, DPD, Presiden dan Wakil presiden dan DPRD...

Opini

Oleh : Munir Caleg PKS Dapil III Asakota Kelurahan Melayu Kec. Asakota luas wilayahnya 102,03 Ha/M2 jumlah penduduk 5.700 jiwa, tersebar di 15 RT...