Peristiwa

Kemnag Agendakan Lokakarya Pembinaan Lembaga dan Ormas Islam

Kota Bim, Bimakini.com.- Kementerian Agama (Kemnag) Kota Bima mengagendakan lokakarya (workshop) pembinaan lembaga Islam dan organisasi kemasyarakatan (Ormas). Rencananya, kegiatan  bertema optimalisasi peran keagamaan dan Ormas Islam dalam menyukseskan Kota Bima Berzakat, Magrib Mengaji, dan Pembumian Al-Quran itu, dihelat di hotel Marina Kota Bima atau aula SMKN 3, Rabu (16/5) mendatang.

Ketua panitia lokakarya, H. Anwar, SH, mengatakan, jumlah peserta yang diundang sebanyak 100 orang. Terdiri dari pejabat dan kepala KUA, lembaga Islam seperti pengurus MUI, DMI, PHBI, dan lainnya, seluruh pimpinan Pondok Pesantren  di Kota Bima, pengurus TPQ/TPA, dan sejumlah Ormas Islam.

     Menurut Kasi Pekapontren Kemnag Kota Bima ini, substansi kegiatan itu diantaranya untuk mendapatkan masukkan tentang langkah dan strategi dalam menyukseskan program Kota Bima Berzakat, Magrib Mengaji, dan Oembumian Al-Quran. Selain itu, mengoptimalkan peran ulama, lembaga keagamaan, dan Ormas Islam.

“Subsatansi lainnya yaitu menumbuhkan kesadaran umat Islam untuk melaksanakan ibadah zakat, infaq, shadakah,” ujar Anwar di kantor Kemnag Kota Bima, Kamis.

      Narasumber pada kegiatan itu adalah Wali Kota Bima, Kepala Kemnag, Ketua MUI, dan Ketua FKSPP Kota Bima.

     Dikatakannya, melaksanakan tiga program yang dicanangkan pemerintah itu sangat berat, namun mulia.  Untuk mewujudkannya, tidak mungkin bisa berhasil kalau hanya dilaksanakan oleh pemerintah saja, tanpa keterlibatan para ulama, pimpinan lembaga keagamaan, dan Ormas Islam.

“Karena tugas ini merupakan tugas bersama pemerintah, ulama, dan masyarakat, maka kami menggelar kegiatan ini untuk menyatukan langkah dan persepsi dalam merumuskan kebijakan untuk menyukseskan program tersebut,” terang Anwar. (BE.19)

Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top