Connect with us

Ketik yang Anda cari

Olahraga & Kesehatan

Dikes dan Kemenkes Pantau Rakordes Kesehatan Masyarakat

Bima, Bimakini.com.-  Jajaran Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Bima dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, terus memantau tingkat keseriusan rapat koordinasi desa (Rakordes) tentang kesehatan di Kabupaten Bima.     Kegiatan itu untuk mengetahui sejauhmana kegiatan bidang kesehatan di tingkat desa dengan melibatkan masyarakat sebagai objek, sekaligus subjek. Ikhtiarnya adalah peningkatan derajat kesehatan muncul dari  kesadaran  masyarakat itu sendiri.

     Kepala Bidang (Kabid) Promosi Kesehatan Dikes Kabupaten Bima, Heru Joko,S.KM,mengatakan, dalam pemantauan itu, Dikes ingin menyaksikan apa saja yang dilakukan Puskesmas, kader Posyandu, dan kader lain untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Dari Kementerian Kesehatan ada Fajar Sakti, M.Si, drg. Oktarina, dan lainnya.
    Kesehatan itu, terang Heru, sangat penting karena tidak bisa dinilai dengan harta. Karena itu, masyarakat  disadarkan dan dicerdaskan akan pentingnya arti kesehatan. Pelaksanaan kegiatan pembangunan di bidang kesehatan, sangat membutuhkan peran aktif masyarakat. Peran serta masyarakat ini, diwujudkan dalam bentuk upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat yang bentuknya antara lain Posyandu, Polindes, dan lainnya.
     Puskesmas setempat, katanya, mendorong kemandirian masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat. Menciptakan suasana kerja dan lingkungan menyenangkan yang dilandasi oleh rasa kekeluargaan, dan terus berupaya mengembangkan kemampuan profesional petugas dalam memberikan pelayanan kesehatan. Setiap  tahun, Puskesmas melaksanakan empat kali Rakordes Kesehatan melalui kegiatan perencanaan untuk Posyandu. Meliputi Pembinaan program penyuluhan di posyandu, menyusun jadwal kegiatan untuk bulan berikutnya dengan melibatkan bidan desa, kader, dan masyarakat.
    “Semua program dirancang dalam Rakordes agar terprogram dengan baik dengan pelayanan maksimal,” ujarnya saat Rakordes di aula Desa Maria kecamatan Wawo, Kamis (13/9).
    Dia mengharapkan dari Rakordes itu, berbagai persoalan yang dihadapi dapat teratasi, sembari menyusun rencana yang lebih baik lagi untuk kegiatan berikutnya.
    Hal senada dikemukakan Kepala Puskesmas Wawo, Masturudin, S.KM. Pelayanan kesehatan di Kecamatan Wawo terencana dengan baik melalui pelayanan di Puskesmas setempat, Polindes, dan Posiyandu. Kegiatan itu dibahas dalam Rakordes, sehingga pelayanan di tingkat desa sudah terjadwal dengan baik, tidak ada saling tumpang-tindih dalam pelayanan.
    “Kita berharap kesadaran masyarakat selama ini tetap dijaga dengan baik, sehingga derajat kesehatan di Kecamatan Wawo meningkat,” katanya.  (BE.13)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Kepala Dikes Kota Bima, Drs H Azhari hari ini menerima SK hibah seluruh aset milik Kementerian Kesehatan RI di Jakarta. Salah...

Olahraga & Kesehatan

Kota Bima, Bimakini.- Memeriahkan HUT ke-15 Kota Bima, Dinas Kesehatan (Dikes) Kota Bima menggelar lomba penataan Pusat Kesehatan Puskemas Masyarakat (PKM). Tim mulai menilai...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Wakil Wali Kota Bima, H A Rahman, SE mengingatkan para kontraktor harus mengedepankan mutu pekerjaan yang ditanganinya. Pernyataan itu disampaikan saat...

Olahraga & Kesehatan

Kota Bima, Bimakini.com.- Kebutuhan tenaga medis, khususnya Dokter di Kota Bima saat ini masih kurang. Kondisi itu berimbas pada pelayanan yang tidak maksimal pada...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.com.- Maraknya penjual petasan saat  bulan Ramadan   menjadi atensi aparat Kepolisian. Selain meresahkan masyarakat yang sedang beribadah, juga membahayakan.