Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Pacuan Kuda Memeriahkan Rakor APEKSI, Sukses

Kota Bima, Bimakini.com.- Pacuan kuda yang digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Bima di lapangan pacuan Desa Panda Kabupaten Bima, berlangsung berakhir Minggu (18/11). Lomba memeriahkan Rapat Koordinasi (Rakor) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Komisariat Wilayah (Komwil) IV itu dimulai 7 November 2012 lalu dan diklaim sukses. Pacuan diikuti 594 kuda dari berbagai daerah  di NTB.

     Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bima, Drs. H. Sukri, M.Si, mengatakan, pacuan kuda digelar  memerebutkan piala Wali Kota Bima Tahun 2012, memeriahkan kegiatan APEKSI, menyongsong Visit Pulau Lombok-Sumbawa, dan memeringati 1  Muharam 1434 Hijriyah. “Pacuan kuda ini masih menjadi animo masyarakat, karena sudah tradisi yang memiliki nilai historis," ujarnya di arena pacuan kuda Panda, kemarin.
      Pacuan kuda ini, katanya, tidak hanya se-NTB, tetapi beberapa kuda dari NTT. Jumlah kuda pacuan yang mengikuti lomba sebanyak 594 ekor. “Sebenarnya lebih dari itu, karena kuda dari Sumbawa tidak semuanya ikut. Kebetulan ada kegiatan yang sama di Sumbawa,” katanya.
       Hadiah yang diperebutkan, jelas Sukri, selain sapi dan piagam penghargaan, juga bendera dari Pordasi, termasuk uang pembinaan untuk juara pertama hingga ketiga.
       Dikatakan Ketua Panitia Pacuan Kuda ini, besarnya hadiah, tidak memengaruhi karena masyarakat tetap menyenangi lomba yang merakyat tersebut.
Pacuan ini, diikuti joki cilik, sebagaimana kebiasaan selama ini. “Dunia tidak ada joki cilik dalam pacuan kuda. Hanya Bima saja, sehingga menjadi kebanggaan tersendiri bagi daerah kita,” katanya.
 Atas nama Pemkot Bima, Sukri mengapresiasi kerja seluruh panitia. Termasuk, pihak keamanan dan penonton (masyarakat) yang telah mendukung dengan mewujudkan kemanan dan ketertiban, hingga pacuan berlangsung lancar dan sukses.

Pacuan kuda yang merupakan rangkaian dari memeriahkan Rakor APEKSI itu ditutup oleh Wakil Wali Kota Bima, H. A.Rahman, SE.Menurut Rahman, pacuan kuda tahun ini sangat istimewa karena disaksikan anggota DPR RI dan 12 Wali Kota anggota APEKSI. Dia mengapresiasi dukungan seluruh elemen masyarakat Kota dan Kabupaten Bima. (BE.19)

Iklan. Geser untuk terus membaca.

 

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Bagian Adminsitrasi Pemerintahan (AP) Setda Kota Bima, melakukan persiapan mengikuti kegiatan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) pada 17-19 April di...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Kapolda NTB Brigjen Pol Drs Firli, MSi, dan Ketua Pengurus Daerah Bhayangkari NTB, Dina, serta rombongan mengunjungi  Mapolres Bima, Jumat (3/3). Kunjungan...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Olah raga Pacuan Kuda dalam rangka merayakan HUT ke-58 Provinsi NTB dan dirangkai HUT ke-71 TNI akan dibuka Senin (24/10) nanti. Namun,...

Peristiwa

Bima, Bimakini.com.- Hari ketiga penanganan tanggap darurat kebakaran Bajo Pulo sejak ditetapkan Kamis (26/11/2015) lalu, pemerintah daerah, instansi terkait, dan para relawan menitikberatkan penanganan...

Politik

Bima, Bimakini.com.- Kepolisian Sektor (Polsek) Bolo menggelar Rapat Koordinasi (Rakor)  seputar  pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada)  Rabu (7/10/2015) malam  di aula  Mapolsek setempat....