Peristiwa

Pacuan Kuda Memeriahkan Rakor APEKSI, Sukses

Kota Bima, Bimakini.com.- Pacuan kuda yang digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Bima di lapangan pacuan Desa Panda Kabupaten Bima, berlangsung berakhir Minggu (18/11). Lomba memeriahkan Rapat Koordinasi (Rakor) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Komisariat Wilayah (Komwil) IV itu dimulai 7 November 2012 lalu dan diklaim sukses. Pacuan diikuti 594 kuda dari berbagai daerah  di NTB.

     Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bima, Drs. H. Sukri, M.Si, mengatakan, pacuan kuda digelar  memerebutkan piala Wali Kota Bima Tahun 2012, memeriahkan kegiatan APEKSI, menyongsong Visit Pulau Lombok-Sumbawa, dan memeringati 1  Muharam 1434 Hijriyah. “Pacuan kuda ini masih menjadi animo masyarakat, karena sudah tradisi yang memiliki nilai historis," ujarnya di arena pacuan kuda Panda, kemarin.
      Pacuan kuda ini, katanya, tidak hanya se-NTB, tetapi beberapa kuda dari NTT. Jumlah kuda pacuan yang mengikuti lomba sebanyak 594 ekor. “Sebenarnya lebih dari itu, karena kuda dari Sumbawa tidak semuanya ikut. Kebetulan ada kegiatan yang sama di Sumbawa,” katanya.
       Hadiah yang diperebutkan, jelas Sukri, selain sapi dan piagam penghargaan, juga bendera dari Pordasi, termasuk uang pembinaan untuk juara pertama hingga ketiga.
       Dikatakan Ketua Panitia Pacuan Kuda ini, besarnya hadiah, tidak memengaruhi karena masyarakat tetap menyenangi lomba yang merakyat tersebut.
Pacuan ini, diikuti joki cilik, sebagaimana kebiasaan selama ini. “Dunia tidak ada joki cilik dalam pacuan kuda. Hanya Bima saja, sehingga menjadi kebanggaan tersendiri bagi daerah kita,” katanya.
 Atas nama Pemkot Bima, Sukri mengapresiasi kerja seluruh panitia. Termasuk, pihak keamanan dan penonton (masyarakat) yang telah mendukung dengan mewujudkan kemanan dan ketertiban, hingga pacuan berlangsung lancar dan sukses.

Pacuan kuda yang merupakan rangkaian dari memeriahkan Rakor APEKSI itu ditutup oleh Wakil Wali Kota Bima, H. A.Rahman, SE.Menurut Rahman, pacuan kuda tahun ini sangat istimewa karena disaksikan anggota DPR RI dan 12 Wali Kota anggota APEKSI. Dia mengapresiasi dukungan seluruh elemen masyarakat Kota dan Kabupaten Bima. (BE.19)

 

Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.

Bimakini.com adalah portal berita Bima Dompu Terkini. Bagian dari Bimeks Group.

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 46 BTN Penatoi Kota Bima, NTB Tlp: 0374-646840, 08233-9031009, 0853-33143335, 0852-53523401. E-mail: info[at]bimakini[dot]com

APLIKASI ANDROID

Fanpage

Copyright © 2016 Bimakini.com. Portal Berita Bima Terkini.

To Top