Olahraga & Kesehatan

Kecewa Pengurus Lama, PSSI Gelar Muscalub

Kota Bima, Bimakini.com.- Pengurus Cabang (Pengcab) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Kota Bima akhirnya menggelar Musyawarah Cabang Luar Biasa (Muscalub). Mereka kecewa terhadap  kinerja pengurus lama. Muscalub yang digelar sabtu (26/1) lalu tersebut agenda utamanya adalah memilih ketua baru yang akan menggantikan, Aris Munandar, ST.

Ketua panitia Muscalub, Herman, M.Pd, mengatakan terselenggaranya Muscalub atas dasar surat mosi tidak percaya 26 klub yang dikirim kepada Pengurus Daerah (Pengda) PSSI NTB. Surat yang berisi permohonan mengganti pengurus lama tersebut, kemudian ditindaklanjuti dengan persetujuan Pengda.
Alasan penggatian pengurus lama yang baru setahun itu, diakui Herman, karena kinerja kepengurusan yang tidak efektif. Sejumlah pengurus kecewa lantaran tidak dihargai dalam organisasi. Menurutnya, Pengcab selama setahun hanya dikendalikan oleh beberapa orang saja, tanpa melibatkan pengurus lainnya.
“Selama ini kami meminta SK asli, tetapi hanya diberikan SK fotokopi, sehingga kami menilai organisasi ini cacat secara hukum,” ujarnya di aula SMKN 1 Kota Bima.
Bukan hanya itu. Dia menilai, tidak ada saling keterbukaan dalam pengelolaan keuangan organisasi. Sejumlah anggaran  untuk mengelola organisasi tidak jelas alokasi dan pertanggungjawabannya. Bahkan, Bendahara Umum selama setahun tidak pernah mengetahui anggaran untuk Pengcab.
Meski demikian, ujarnya, sebelum mosi tidak percaya dikirim, pengurus lama sudah diberikan ultimatum  agar  segera membenahi kekurangan yang disorot, tetapi tidak meresponsnya. “Karena tidak ingin organisasi ini macet sehingga semua klub dan pengurus menyepakati digelar Muscalub untuk memilih ketua baru,” jelasnya.
Perwakilan Pengda PSSI NTB, Burhanuddin, S.Pd, dalam sambutannya mengaku memang telah menerima surat mosi tidak percaya yang dikirim. Sebelum menyetujui digelar Muscalub telah menyarankan  agar  berembuk lagi dengan klub dan meminta masukan dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Bima, tetapi tidak ada jalan keluar.
“Saya datang hanya sebagai peninjau, yang memutuskan hasil Muscalub nanti adalah PSSI NTB,” terangnya.
Meski demikian, dia mengharapkan Muscalub berlangsung lancer dan dilaksanakan secara kekeluargaan. Hal itu demi mendapatkan pemimpin yang berkualitas untuk memajukan sepabola sehingga lahir atlet muda berbakat yang mengharumkan nama daerah.
Pantauan Bimakini.com, agenda utama Muscalub untuk memilih ketua baru tidak berlangsung lama, karena dilakukan secara aklamasi. Semua perwakilan klub dan  pengurus menyepakati satu nama sebagai ketua, yakni H. A. Rahman, SE, yang juga Wakil Wali Kota Bima. (BE.20)

Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top