Olahraga & Kesehatan

Evaluasi KIA dan Rencana Pengembangan Informasi Dibahas

Bima, Bimakini.com.-  Evaluasi pelayanan kesehatan ibu dan anak tahun 2012 dan rencana pengembangan informasi serta konsultasi pelayanan kesehatan tahun 2013, dibahas. Pertemuan konsultasi itu diikuti 130 petugas kesehatan mulai dari Pos Kesehatan Desa (Poskesdes) hingga Puskesmas se-Kabupaten Bima. Pembukaan kegiatan  itu dilakukan Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Keluarga, M. Saleh, M.AP, di aula SMKN 3 Kota Bima, Rabu (13/3).

Kepala Seksi (Kasi) Kesehatan Anak dan Usila Dinas Kesehatan Kabupaten Bima, Umar, S.KM, mengatakan dalam evaluasi itu membahas tentang kinerja dan pelayanan yang dilakukan bidan dan tenaga kesehatan, terutama yang berkaitan dengan persiapan survai kesehatan yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan RI pada bulan Mei mendatang.
Sebelum pelayanan kesehatan itu dievaluasi, kata dia, maka diperlukan konsultasi dan evaluasi agar petugas memaksimalkan kinerja pelayanan kesehatan kepada warga, Poskesdes hingga Puskesmas. Terutama teknis pelaksanaan deteksi dini mengenai tumbuh-kembang anak.
Selain itu, terangnya, evaluasi pelayanan tahun 2012 itu penting agar berbagai masalah yang ditemui bisa diantisipasi pada pelayanan kesehatan tahun 2013, termasuk penyeliaan fasilitatif ke Puskesmas hingga ke Poskesdes. Evaluasi ini diharapkan ada perbaikan hingga dapat meningkatkan kinerja dan pencapaian target, sehingga pelayanan kesehatan pada tahun berikutnya lebih baik lagi.
     “Melalui pertemuan dan evaluasi ini pemerataan informasi mengenai ibu dan anak sampai ke tingkat desa, sehingga kualitas pelayanan bisa ditingkatkan lagi,” katanya.
      Hal senada dikemukakan Kasi Kesehatan Ibu dan KB, Fatmah, AMd. Kep. Pertemuan seperti ini, katanya, petugas bisa berbagi pengalaman sekaligus mengevaluasi kinerja selama ini. Sebaik apapun pelayanan, masih tetap ada keluhan masyarakat.
    “Keluhan seperti itulah yang perlu disikapi arif dan bijak oleh petugas dengan memaksimalkan kinerja pelayanan,” katanya saat menyampaikan materi berkaitan dengan kesehatan ibu dan KB, di aula SMKN 3 Kota Bima, Rabu. (BE.13)

Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top