Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Gerilya Calo PNS, Berhati-hatilah!

Bima, Bimakini.com.- Saat mendekati ujian penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah (CPNSD) yang lolos Kategori Dua (K2) saat ini maupun calon penerimaan PNS mendatang perlu berhati-hati. Soalnya, akan banyak orang yang bergerilya menjual jasa dengan tarif tertentu. Jika menemukan hal itu, jangan mudah dipercaya karena mereka adalah pembohong. Bahkan, ada orang seorang ibu di Bali cerdas memanfaatkan peluang menjual soal dan jawaban, padahal semua itu sangat mudah diperoleh di internet.

Nah, hal itu diingatkan Bupati Bima, H. Ferry Zulkarnain, ST, saat pembinaan PNS dan tenaga Honor Daerah (Honda) di Kecamatan Wawo, Kamis (20/6) lalu.

Mereka yang ingin lulus ujian, katanya, hanya dengan cara belajar dan belajar. Tidak hanya itu, dapat  bertukar pengalaman dengan mereka yang pernah lulus ujian tes PNS sebelumnya dan yang terakhir adalah belajar mengenai cara mengisi lembaran jawaban kerja (LJK).

Iklan. Geser untuk terus membaca.

          “Anak-anak kita yang cerdas dan pintar, bias tidak lulus karena salah menuliskan LJK, sehingga fatal akibatnya dan jelas tidak lulus,” ujarnya.

Bupati memberikan contoh bagaimana cara mengisi LJK, cara menggunakan pensil 2B. Jadi jangan salah mengansir kotak yang tersedia dengan pensil itu. Tidak boleh kotor, tidak boleh melebihi garis, dan hal lain yang sering membatalkan hasil kerja karena salah mengisi lembaran jawaban kerja.

Sebab, katanya, yang menilai hasil kerja nanti adalah bukan manusia, tetapi komputer menggunakan mesin pemindai dan tidak ada toleransi,  apalagi berkompromi. Berbeda dengan manusia, seperti guru yang memeriksa hasil kerja siswa. “Karena guru itu manusia masih punya hati nurani, tetapi kalau komputer yang memeriksa sama sekali tidak menggunakan hati nurani. Kalau salah, ya salah,” katanya.

          Kesalahan satu huruf saja, katanya, yang lain bisa menyebabkan semuanya salah. Seperti salah menuliskan nama saat pendaftaran pada panitia seperti Ferry, tetapi pada LJK yang ditulis hanya satu huruf R, maka hasilnya akan salah dan batal, meski jawaban  benar semua.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

          “Inilah yang perlu kita perhatikan oleh peserta yang lolos K2 saat ini atau saat peserta ujian tulis calon PNS di Kabupaten Bima. Belum lagi dengan kode jurusan dan lain-lainnya,” katanya. (BE.13)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Enam orang diduga pestas sabu ditangkap, Rabu (16/11/2016) pukul 16.50 Wita di kosa-kosan pertama Rt 09 RW 03 Kelurahan Lewirato Kecamatan...

Politik

Bima, Bimakini.com.-  Dugaan keterlibatan oknum PNS lingkup Pemkab Bima dalam politik praktis Pilkada Kabupaten Bima, mendapat atensi. Meski sebelumnya Pj. Bupati Bima, Drs.Bachrudin menegaskan...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.com.-Satuan Narkoba  Polres Bima Kota terus memburu Bandar dan pemakai Narkoba. Kamis (31/10) malam, dua orang yang diduga Bandar dan pembeli berhasil...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini.com.-Sembilan calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Dompu yang tidak lolos seleksi test  tertulis, tes, kesehatan dan tes pisologi  meradang. Mereka menggugat hasil...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.com.-Setelah pembukaanperekrutan bakal calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima, Tim Seleksi (Timsel) telah menerima 13 pendaftardari 56 orang yang mengambil formulir....